Saham Australia bangkit dari kerugian besar, berakhir lebih tinggi

Saham Australia bangkit dari kerugian besar, berakhir lebih tinggi

bursa saham australia (Reuters)

Menurut Bloomberg, pasar memperkirakan peluang 10 persen untuk penurunan suku bunga Februari
Sydney (ANTARA) - Bursa saham Australia telah berakhir dengan keuntungan kuat pada perdagangan Rabu, bangkit kembali dari penurunan besar kemarin dengan kenaikan luas di seluruh sektor.

Pada penutupan perdagangan, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 37,00 poin atau 0,53 persen menjadi 7.031,50 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas menambahkan 37,50 poin atau 0,53 persen pada 7.135,90 poin .

"Bandara, maskapai, agen perjalanan dan kasino sebagian besar lebih tinggi hari ini, namun (mereka) telah merosot rata-rata hampir 10 persen selama seminggu terakhir karena kekhawatiran permintaan perjalanan yang lebih rendah," kata Kepala Strategi Pasar CMC Markets, Michael McCarthy kepada investor dalam catatan sore. Sementara itu, inflasi konsumen domestik selama kuartal Desember adalah sentuhan yang lebih kuat dari yang diharapkan, mengalahkan konsensus kenaikan 0,6 persen menjadi 0,7 persen untuk periode tiga bulan dan 1,8 persen selama setahun penuh.

"Data mendorong dolar Australia sedikit lebih tinggi pagi ini dan selanjutnya mengurangi perkiraan pasar untuk penurunan suku bunga oleh Reserve Bank Selasa depan."

"Menurut Bloomberg, pasar memperkirakan peluang 10 persen untuk penurunan suku bunga Februari (24 persen sebelum CPI dibaca)."

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia menguat dengan Commonwealth Bank naik 0,70 persen, Westpac Bank naik 0,76 persen, National Australia Bank naik 0,74 persen dan ANZ naik 1,30 persen.

Saham-saham pertambangan melihat hasil yang beragam dengan BHP naik 0,61 persen, Rio Tinto naik 0,44 persen, Fortescue Metals turun 0,35 persen dan penambang emas Newcrest turun 2,06 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas terangkat dengan Woodside Petroleum naik 0,78 persen, Santos naik 0,23 persen dan Oil Search tidak berubah.

Jaringan supermarket terbesar Australia naik tipis dengan Coles Group menguat 0,12 persen dan Woolworths bertambah 0,10 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,26 persen, operator penerbangan nasional Qantas meningkat 2,36 persen dan perusahaan biomedis CSL bertambah 1,10 persen.

Baca juga: Saham Australia bangkit kembali setelah koreksi tajam sesi sebelumnya
Baca juga: Bursa Saham Australia jatuh, Indeks ASX 200 ditutup turun 1,35 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar