Kita memeriksa orangnya, juga akan memeriksa ruangan juga
Bandarlampung (ANTARA) - IPC Pelindo II Lampung akan memeriksa semua ABK kapal yang bersandar di Pelabuhan Panjang untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Kapal yang bersandar benar-benar kita periksa dulu sampai ada keterangan bahwa kapal ini bersih, baru kita sandarkan," kata General Manager IPC Pelindo II, Drajat Sulistyo di Bandarlampung, Rabu.

Dia melanjutkan dampak dari pemeriksaan tersebut adalah kapal yang akan bersandar nantinya akan mengalami keterlambatan karena memakan waktu agar benar-benar aman disandarkan.

"Kita memeriksa orangnya, juga akan memeriksa ruangan juga," kata dia.

Dia menambahkan untuk mengantisipasi virus corona, pihaknya bersama Kantor Kesehatan Panjang (KKP) telah membagikan masker kepada masyarakat, terutama kepada para pekerja di area gudang CFS Pelabuhan Panjang hingga para kru kapal.

General Manager IPC Pelindo II Lampung, Drajat Sulistyo mengatakan bahwa merebaknya kasus virus corona di China dan dilaporkan ada kasus positif terjangkit virus itu di negara lain, belum berdampak terhadap kegiatan ekspor l-impor di Pelabuhan Panjang.

"Kami memang di bidang ekspor- impor tapi jarang yang eceran, mungkin lebih banyak ke industri sehingga ini minim terjadi hal-hal itu," katanya.

Drajat juga menegaskan tidak adanya penundaan kapal lantaran adanya virus corona dan juga tidak ada kegiatan untuk memperlambat akses bersandar atau berlayar kapal.

"Karena pelabuhan ini memang benar-benar kegiatan pertanian, perkebunan, dan pertambangan. Jadi tidak ada penundaan kapal atau pun memperlambat akses kapal," kata dia.

Kepada seluruh pemangku kepentingan, dia meminta agar mendukung pelabuhan dengan tujuan agar bisa tumbuh terus bagi para petani maupun para pelaku perkebunan.

"Kepala seluruh pemangku kepentingan kami mohon dukungan agar Pelabuhan Panjang ini bisa terus tumbuh," kata dia lagi.

Baca juga: Pelabuhan Panjang terus lakukan pelayanan prima berkelas dunia
Baca juga: Pemprov Lampung dukung digitalisasi layanan pandu Pelabuhan Panjang

 

Pewarta: Hisar Sitanggang/Damiri
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020