Jakarta (ANTARA News) - Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Adhyaksa Dault, usai bertemu Ketua KONI/KOI Rita Subowo mengatakan, masih belum ada kesepakatan mengenai Pelatnas SEA Games.

"Belum ada usulan mengenai Pelatnas SEA Games," ujar Adhyaksa menjawab wartawan usai bertemu dengan Rita Subowo di kantornya di Jakarta, Selasa.

Pada kesempatan tersebut, Adhyaksa menegaskan bahwa pembentukan Program Atlet Andalan (PAL) oleh pemerintah tidak bertentangan dengan program Pelatnas yang dilaksanakan KONI.

"PAL adalah program pemerintah jangka panjang karena 2011 kita tuan rumah (SEA Games). Kita buatkan fondasi yang kuat supaya punya atlet yang handal," katanya.

"Pada saat atletnya dibutuhkan, akan dikembalikan ke PB. Pada saat KONI membentuk pelatnas SEA Games, atlet akan dikembalikan ke PB," jelas Adhyaksa yang mengatakan bahwa tidak ada kewajiban pemerintah untuk menyiapkan dana pelatnas.

Menegpora juga menegaskan bahwa tidak ada upaya pengambilalihan kewenangan, karena PAL adalah program pemerintah untuk membina atlet dalam jangka panjang. "Yang tujuannya membantu PB. Kita justru membantu KONI," tambahnya.

Sementara itu ketua KONI/KOI Rita Subowo juga mengakui bahwa masih ada beberapa hal yang belum mencapai titik temu dengan Menegpora. Namun ia menegaskan bahwa apapun masalah yang dihadapi akan diselesaikan bersama.

Terkait dengan sejumlah pemberitaan di media, Rita yang didampingi Ketua PB Pelti Martina Widjaja, mengaku telah meminta maaf pada Menegpora.

"Saya harap pers tidak memecah belah seperti itu, olahraga itu harus bersatu, kalau ada ketidaksesuaian harus dibicarakan," kata Rita.

Sebelumnya sempat diberitakan bahwa Menegpora dinilai mengambil alih kewenangan KOI melalui program PAL yang mendapat sokongan penuh dana dari pemerintah, sedangkan pelatnas SEA Games 2009 Laos yang menjadi tugas KONI-KOI sama sekali tidak dibantu.  (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2008