Jakarta (ANTARA) - Tidak terasa sudah nyaris sebulan kita menapaki tahun 2020, tapi belum terlambat bagi Anda yang punya resolusi untuk mewujudkannya, tak terkecuali resolusi hidup sehat.

Berikut tips sederhana menjalani hidup sehat yang dibagikan para pembicara dalam acara "Hidup Sehat 2020 Bersama Shopee" beberapa waktu lalu, dikutip dari siaran pers, Jumat:

Jalankan diet sehat

Diet tidak melulu soal membatasi menu, porsi, dan waktu makan, tapi juga menjaga pola makan dan gaya hidup. Biasakan diri untuk mengonsumsi makanan bergizi variasi dan seimbang, bisa dimulai dengan mengurangi asupan gula dan minum jus daripada minuman bersoda atau teh manis.

Jika sering mengonsumsi camilan, coba ganti dengan kudapan yang mengandung banyak kalori dengan makanan sehat dan bergizi seperti buah-buahan.

Baca juga: Resolusi kesehatan untuk 2020

Baca juga: Gaya hidup sehat BCL


Rajin berolahraga

Untuk pemula yang belum atau jarang berolahraga dapat dimulai dengan olahraga ringan. Mulai olahraga dengan stretching (peregangan) atau pemanasan selama 10 menit, kemudian bisa dilanjutkan dengan olahraga lari, basic push up atau sit up, bersepeda maupun berenang.

Setelah badan terbiasa dengan rutin olahraga ini, gerakan olahraga bisa ditambahkan tingkat kesulitannya, dengan squat, plank, lunge, atau crunches. Sempatkanlah olahraga 1 - 3 kali per minggu.

Baca juga: Alasan gaya hidup sehat efektif ditularkan lewat komunitas

Baca juga: Hindari jenis minuman ini kalau ingin berhenti merokok

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020