Jakarta (ANTARA News) - Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Letjen TNI George Toisutta mengemukakan, Divisi III Kostrad, akan segera operasional secara bertahap mulai 2009.

Menjawab ANTARA di Jakarta, Kamis, ia mengatakan saat ini pembangunan berbagai sarana, prasarana dan infrastruktur seperti markas komando di Gorontalo dan Makassar, sudah berangsur selesai.

"Personelnya sudah mulai kita tempatkan di sana, terutama di Brigade 22, yang akan menjadi salah satu bagian dari Divisi III/Kostrad," kata George.

Divisi III/Kostrad yang akan dipusatkan di Sorong, Papua, akan membawahi tiga brigade, antara lain Brigade Infanteri 22, dan Brigif Linud 3. Tiga Brigade itu akan membawahi batalyon infanteri 221, 222 dan 223, imbuhnya.

Pembentukan Divisi III/Kostrad merupakan salah satu pengembangan Kostrad yang tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) TNI Angkatan Darat hingga 2014.

Divisi III/Kostrad nantinya akan bertanggungjawab atas pengamanan wilayah Timur Indonesia, sedangkan Divisi I/Kostrad yang berkedudukan di Cilodong, Jawa Barat, dan Divisi II/Kostrad yang bermarkas di Malang, Jawa Timur, masing-masing bertanggungjawab untuk wilayah Barat dan Tengah Indonesia.

"Jadi, secara keseluruhan wilayah Indonesia dapat kita amankan," kata George. (*)
 

Copyright © ANTARA 2008