Pemeriksaan kesehatan penumpang di Bandara Nagan Raya Aceh diperketat

Pemeriksaan kesehatan penumpang di Bandara Nagan Raya Aceh diperketat

Petugas dari Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada penumpang yang baru tiba dari pesawat udara di Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Provinsi Aceh, Minggu (2/2/2020). Pemeriksaan ini bertujuan untuk menghindari sebaran virus corona yang sudah merenggut ratusan jiwa di luar negeri. (ANTARA/HO-Dinas Kesehatan Pemkab Nagan Raya Aceh)

Pemeriksaan kesehatan ini akan terus kami lakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan
Suka Makmue (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Acehi terus memperketat pemeriksaan seluruh penumpang yang akan terbang maupun tiba di Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, untuk mencegah sebaran virus korona.

“Semua calon penumpang kita periksa menggunakan alat pemeriksaan suhu tubuh, apabila ditemukan ada yang sakit, maka kita rekomendasikan agar tidak terbang atau diperiksa lebih lanjut kesehatannya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Siti Zaidar diwakili sekretaris, Arafik Karim MPA, di Suka Makmue, Minggu.

Pemeriksaan dilakukan terhadap penumpang yang baru turun dari pesawat maupun penumpang yang akan terbang.

Baca juga: Dinkes Sumut tingkatkan kesiagaan hadapi penyebaran virus corona

Dia mengatakan pemeriksaan tersebut tidak hanya difokuskan kepada warga negara asing (WNA) yang tiba atau akan berangkat dari bandara setempat.

Akan tetapi, pemeriksaan kesehatan dilakukan secara menyeluruh kepada seluruh penumpang yang menggunakan jasa transportasi udara di daerah tersebut.

Arafik Karim mengatakan meski sudah mulai melakukan pemeriksaan kesehatan sejak sepekan terakhir, pihaknya belum menemukan adanya indikasi WNA atau warga yang terpapar virus korona.

Selain itu, petugas kesehatan juga memberikan tips kepada masyarakat, khususnya penumpang, tentang cara menghindari sebaran virus mematikan tersebut.

Pihaknya mengimbau masyarakat selalu menjaga kesehatan serta menggunakan masker saat berada di dalam pesawat maupun di gedung terminal.

“Pemeriksaan kesehatan ini akan terus kami lakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan,” kata dia.

Baca juga: Gubernur Sulsel ajak warga berdoa Indonesia terhindar virus corona
Baca juga: PMI kirim 20 ribu masker ke Pulau Natuna

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden ajak ulama Aceh jaga persatuan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar