Bandung (ANTARA News) - Hotel-hotel bintang dan non bintang di kawasan Bandung Utara, Jabar, menjadi tujuan favorit warga Ibukota Jakarta yang berlibur Natal 2008 dan Tahun Baru 2009.

"Hotel-hotel di kawasan Bandung Utara sudah full booking, mereka rata-rata memilih untuk berlibur di kawasan itu," kata Ketua PHRI Jawa Barat, Herman Muchtar, di Bandung, Minggu.

Menurut Herman, hotel di kawasan Bandung Utara setiap akhir tahun selalu paling dulu penuh dipesan oleh warga yang berlibur di Kota Kembang.

Suasana kawasan Bandung Utara yang masih alami, hijau dan pemandangan alam yang indah menjadi pertimbangan para tamu yang berlibur memilih kawasan itu.

Mereka memboyong keluarga dengan rata-rata hunian sekitar tiga hingga empat hari. Kawasan itu juga dekat dengan akses jalan ke beberapa kawasan wisata, seperti Lembang, Gunung Tangkuban Perahu serta tidak jauh dari kawasan Kota Bandung.

Selain dipesan oleh keluarga yang berlibur, hotel-hotel di kawasan Bandung Utara juga banyak dipesan oleh korporasi atau instansi yang menggelar rapat akhir tahun.

"Pesanan selain perorangan, juga banyak dari kalangan korporasi," kata Herman.

Beberapa hotel di kawasan itu juga menyiapkan paket Natal 2008 dan paket malam pergantian tahun untuk para pengunjungnya mulai dari pentas kesenian, band hingga pesta kembang api.

Sementara itu hotel-hotel berbintang di Bandung juga sudah penuh, terutama di Jalan Djuanda, Jalan Pasteur dan di pusat Kota Bandung.

Selain hotel berbintang, hotel-hotel melati juga mendapat kenaikan pesanan di akhir tahun 2008 ini.

"Hotel melati di kawasan Bandung Utara dan Kota Bandung sudah penuh terpesan, sedangkan hotel-hotel di kawasan timur tingkat pesanannya masih 80-90 persen," kata Humas Perhimpunan Hotel Melati "Bumi Melati" Ade Mardiah.

Menurut Ade, bagi pengunjung yang tidak kebagian kamar hotel di kawasan Kota Bandung dan Bandung Utara, bisa mengambil alternatif kamar hotel untuk berlibur di kawasan Bandung Timur.

"Hotel-hotel di Jalan Soekarno Hatta, saat ini pesanan kamarnya baru 70-80 persen," kata Ade Mardiah.

Tak hanya hotel, restoran dan cafe-cafe di Kota Bandung juga siap meraup keuntungan dengan peningkatan kunjungan ke Kota Bandung pada Natal dan Tahun Baru 2008 mendatang.

Para pengusaha restoran di Kota Bandung juga menyiapkan paket-paket akhir tahun untuk menarik minat pengunjung.(*)

Copyright © ANTARA 2008