Untuk menghindari virus wajib menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS)
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Jakarta Utara terus menyosialisasikan pencegahan virus Corona, khususnya untuk masyarakat di rumah susun dan apartemen.

"Untuk menghindari virus wajib menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS)," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Yudi Dimyati di Apartemen Green Bay Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin.

Selain itu,  lanjutnya, masyarakat sebaiknya mencuci tangan usai beraktivitas hingga menutup mulut saat batuk dan bersin.

Yudi menekankan konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur juga harus dilakukan, agar tidak terjadi penurunan daya tahan tubuh yang dapat memudahkan terjangkitnya virus.

Baca juga: Dekan FKUI minta masyarakat tak percaya mitos Virus Corona

“Peran aktif masyarakat jika ada warga yang telah pulang dari negara yang terjangkit virus Corona juga sangat dibutuhkan. Segera melaporkan itu ke Posko KLB Dinas Kesehatan DKI Jakarta,” harap Yudi.

GM Apartemen Green Bay Pluit Evi Karlina mengucapkan syukur atas terselenggaranya sosialisasi pencegahan virus Corona. Adanya sosialisasi ini tentunya sangat bermanfaat dalam meluruskan kekeliruan informasi di media sosial sehingga kekhawatiran masyarakat tidak lagi tinggi meski tetap harus mawas diri terhadap penyebaran virus.

“Memberikan pengetahuan yang benar kepada para penghuni sehingga mereka tidak resah dan bisa mengantisipasi dalam menghadapi wabah virus Corona,” kata Evi.

Baca juga: Enam warga Riau jalani 14 hari dikarantina di Natuna

Peserta sosialisasi yang juga penghuni apartemen Pramono, menyarankan agar sosialisasi serupa terus digencarkan kepada seluruh lapisan masyarakat. Tidak hanya melalui tatap muka tapi juga menggencarkan sosialisasi melalui media sosial sehingga masyarakat dapat memahami virus dan pencegahannya.

“Materi yang disampaikan cukup jelas. Ada tanya jawab juga. Tapi saran saya harus juga sosialisasi sampai ke tingkat RT/RW sehingga seluruh masyarakat memahami apa dan bagaimana virus Corona menyebar,” harap Pramono.
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020