Dapat Oscar perdana, Joaquin Phoenix bicara soal ketidakadilan

Dapat Oscar perdana, Joaquin Phoenix bicara soal ketidakadilan

Aktor Joaquin Phoenix dalam pidato Oscar 2020 (ANTARA/Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Joaquin Phoenix memenangi Best Actor atau Aktor Terbaik di Oscar 2020 pada Minggu (9/2) waktu setempat untuk perannya sebagai Arthur Fleck di "Joker".

Phoenix mengalahkan sesama aktor yang dinominasikan yakni Antonio Banderas ("Pain and Glory"), Leonardo DiCaprio ("Once Upon a Time in Hollywood"), Adam Driver ("Marriage Story"), dan Jonathan Pryce ("The Two Popes").

Ini menandai kemenangan Oscar pertama Phoenix, yang telah dinominasikan tiga kali sebelumnya untuk "The Master" (2013), "Walk the Line" (2006), dan "Gladiator" (2001).

Phoenix melanjutkan tren yang terlihat dalam pidato penerimaan penghargaan sebelumnya dimulai dengan rendah hati berterima kasih kepada rekan-rekan nominasi lainnya sebelum menyoroti ketidakadilan, perubahan iklim hingga masalah rasial.

"Aku tidak merasa terangkat di atas rekan nominasiku. Kami berbagi cinta yang sama, cinta film, dan bentuk ekspresi ini telah memberiku kehidupan yang paling luar biasa," kata Phoenix dilansir The Hollywood Reporter, Senin.

Phoenix mengatakan bahwa dia berterima kasih karena berkesempatan untuk tidak menggunakan suaranya. Dia mengungkapkan bersama nominasi lainnya mendiskusikan ketidaksetaraan gender, rasisme, hak adat atau hak hewan.

"Kita sedang berbicara tentang perang melawan ketidakadilan," ujar Phoenix.

Aktor itu kemudian mengalihkan pidatonya ke arah hak-hak binatang, dengan mencatat bagaimana "kita pergi ke dunia alam, dan kita menjarah sumber dayanya."

"Manusia sangat inventif dan kreatif.. ketika kita menggunakan cinta dan kasih sayang sebagai prinsip panduan kita.. kita dapat menciptakan sistem perubahan bagi lingkungan," ujarnya.

Phoenix pun mengakhiri pidatonya dengan pembacaan emosional dari lirik yang ditulis oleh saudaranya, mendiang River Phoenix, ketika berusia 17 tahun.

"Dia mengatakan 'Lari untuk menyelamatkan dengan cinta dan kedamaian akan mengikuti'," kata Phoenix.

Kemenangan Phoenix adalah yang kedua kalinya untuk seorang aktor yang berperan sebagai penjahat super. Sebelumnya, Heath Ledger yang juga menjadi Joker mendapat Oscar untuk aktor peran pendukung terbaik pada Academy Awards 2009.


Baca juga: "Parasite", film asing pertama yang raih Best Pictures di Oscar

Baca juga: Renee Zellweger raih Aktris Terbaik Oscar 2020 untuk "Judy"

Baca juga: Natalie Portman pakai jubah protes di Oscar 2020

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar