Mahasiswa Nunukan dari China negatif virus corona, sebut KKP

Mahasiswa Nunukan dari China negatif virus corona, sebut KKP

Lima mahasiswa asal Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara yang pulang dari China melalui Negeri Sabah, Malaysia tiba di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, Selasa (4/2/2020). (FOTO ANTARA/istimewa)

Meskipun belum semuanya mahasiswa itu telah habis masa inkubasinya selama 12 hari tetapi semuanya dinyatakan negatif dari virus corona
Nunukan (ANTARA) - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara menegaskan bahwa puluhan mahasiswa asal daerah itu yang datang dari China dinyatakan negatif virus corona setelah menjalani masa inkubasi selama 12 hari.

"Meskipun belum semuanya mahasiswa itu telah habis masa inkubasinya selama 12 hari tetapi semuanya dinyatakan negatif dari virus corona," kata Koordinator Kesehatan Pelabuhan Nunukan dr Baharudllah di Nunukan, Kamis.

Dalam memantau masa inkubasi yang dilakukan terhadap puluhan mahasiswa daerah itu yang kuliah di China, kata dia, KKP bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan.

Kedua instansi telah melakukan berbagai langkah positif dengan memantau di rumah-rumah orang tua masing-masing mahasiswa.

"Memang belum semuanya yang selesai masa inkubasinya tapi secara keseluruhan belum ada yang terpantau terjangkit virus corona berdasarkan hasil pemantauan di rumah masing-masing," katanya.

Pemantauan terhadap mahasiswa Nunukan dari China langsung ke rumah-rumah orang tua, kata Baharullah,  kemungkinan tidak dilakukan oleh daerah lainnya. "Jadi kemungkinan hanya Kabupaten Nunukan saja yang melakukan seperti itu," katanya.

Sedangkan Kepala Bidang Penanganan dan Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan, Irmayanti melalui stafnya Aris Suyono di Nunukan, Kamis menyebutkan, sesuai hasil pendataan yang dilakukannya selama dua pekan terakhir jumlah mahasiswa Nunukan yang telah tiba dari China sebanyak 71 orang.

Ke-71 mahasiswa ini telah diawasi dan dipantau langsung ke rumah orang tuanya terkait virus corona namun belum ditemukan adanya yang terjangkit penyakit ini.

Puluhan mahasiswa Nunukan yang menuntut ilmu di China ini belum termasuk tujuh orang yang sedang menjalani karantina di Pulau Natuna Kepulauan Riau.

Baca juga: Waspadai Corona, dua mahasiswa Nunukan dari China tiba di Sebatik

Baca juga: Ekspor rumput laut Nunukan ke China terhambat virus corona

Baca juga: KKP: Lima mahasiswa Nunukan dari China pulang via Malaysia

Baca juga: Nunukan cegah virus corona dengan memeriksa kapal dari luar negeri

Pewarta: Rusman
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KKP Kendari bagikan bubuk Abate di sembilan kelurahan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar