Kuala Lumpur (ANTARA News) - Seorang pembantu rumah tangga (PRT) Indonesia, Siti Khadijah, nekad mempertaruhkan nyawanya dengan cara menerobos rumah yang sedang dilalap api untuk menyelamatkan seorang nenek, Alijah Mohd Nor (92)  di Lorong, Pinang, Johor Bahru, Minggu pagi.

Majikannya, Rukiah (64), pensiunan guru menceritakan, dia dan pembantunya asal Jawa Barat Siti Khadijah, sedang masak di dapur untuk menyiapkan sarapan pagi, tanpa menyadari rumahnya sudah terbakar dimakan api, demikian Berita Harian, Minggu.

Ketika api makin membesar dan menelan rumah kayunya, dan kondisi kalang kabut, pembantunya tiba-tiba nekad lari masuk ke dalam rumah yang terbakar api untuk menyelamatkan ibu majikannya Alijah Mohd Nor, 92 Thn, yang sudah lama lumpuh.

Nenek itu berhasil diselamatkan, namun rumah pensiunan guru itu hangus terbakar dan menimbulkan kerugian sekitar 100.000 ringgit atau sekitar Rp310 juta.

Dengan meneteskan air mata, Rukiah mengatakan, puji syukur dan berterima kasih kepada pembantunya yang begitu berani menerobos jilatan api dan menyelamatkan ibunya yang sudah lumpuh.

Sementara itu, pegawai pemadam kebakaran dan penyelamat (rescue) Mohd Rosmaidi Baharuddin mengatakan, pasukannya terlambat datang karena orang yang melaporkan kejadian tidak memberikan alamat lokasi kejadian dengan lengkap. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009