Washington (ANTARA News/AFP) - Presiden AS Barack Obama membuktikan janjinya membentuk pemerintahan bipartisan dengan mengumumkan Senator Judd Gregg dari Partai Republik sebagai Menteri Perdagangan AS, demikian seorang pejabat Gedung Putih kepada AFP.

"Saya bisa memastikan Gregg dipilih Selasa," kata pejabat yang meminta tak disebutkan namanya karena pengumuman itu belum resmi.

Gregg akan menjadi orang Republiken ketiga yang berada di kabinet Obama dan bisa meningkatkan dukungan terhadap pemerintahan sekarang yang tengah menghadapi oposisi keras dari para anggota parlemen Republik dalam sejumlah kebijakan ekonomi vital.

Gregg menerima tawaran Obama setelah Gubernur New Hampshire yang berasal dari Partai Demokrat setuju menunjuk seorang Republik untuk mengisi kursi Senator yang kosong untuk negara bagian itu setelah ditinggalkan Judd Gregg sehingga tidak membuat posisi mayoritas Demokrat di Kongres semakin kuat, lapor CNN.

Gubernur New Mexico dan mantan diplomat kawakan Bill Richardson adalah orang pertama yang dipilih Obama untuk menduduki kursi Menteri Perdagangan.

Richardson mengundurkan diri menyusul penyelidikan terhadap sebuah perusahaan yang memenangkan kontrak sebuah proyek pembangunan di negara bagian yang dipimpinnya setelah perusahaan itu memberi sejumlah uang bagi kampanye kegubernuran Richardson. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009