Brisbane (ANTARA News) - Rongsokan mobil Honda Jazz yang ditemukan polisi negara bagian Victoria di wilayah perbukitan, sekitar empat kilometer dari kota wisata Marysville, sudah dipastikan pihak keluarga korban dan KJRI Melbourne sebagai kendaraan yang dipakai Rudi dan Dean Lesmana 7 Februari lalu.

"Melalui bantuan polisi Victoria, KJRI Melbourne dan pihak keluarga telah memastikan penemuan mobil yang digunakan oleh Dean Lesmana dan Rudi saat mengunjungi Marysville. Ada dua jenazah ditemukan di dalam mobil tersebut," kata Kabid Kekonsuleran KJRI Melbourne, Abelian Yodha, Rabu.

Kepastian tentang mobil tersebut merupakan kendaraan yang dipakai kedua mahasiswa Indonesia yang dinyatakan hilang sejak bencana kebakaran melanda sebagian wilayah bersemak belukar Victoria 7 Februari lalu itu diperoleh dari plat nomor polisi (Nopol) Honda Jazz, katanya.

"(Plat) nomor polisinya masih menempel di mobil dan dapat diidentifikasi UTL 027. Mobil itu ditemukan di wilayah perbukitan sekitar empat kilometer dari kota Marysville dan sudah diamankan ke tempat penampungan khusus di kota itu untuk penyelidikan lebih lanjut," kata Abelian Yodha.

Namun pihak kepolisian Victoria tidak memberitahu kapan mereka menemukan mobil bernomor polisi UTL 027 milik Juliana The, kakak dari Rudi, itu, katanya.

Pihak kepolisian Victoria, lanjutnya, masih melakukan penyelidikan forensik guna mendapatkan "DNA" kedua jenazah untuk kemudian dicocokkan dengan data "DNA" kedua orang tua Rudi dan Dean Lesmana. "Proses pencocokan (rekonsiliasi) tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama," katanya.

"KJRI Melbourne dan pihak keluarga sepakat untuk menunggu hasil pencocokan DNA tersebut dan mempercayakan prosesnya kepada pihak otoritas Victoria."

"Hingga saat ini, pihak kepolisian Victoria tetap menganggap Dean Lesmana dan Rudi dalam status orang hilang sampai ada pengumuman hasil rekonsiliasi," katanya.

Sebelumnya, Konsul Jenderal RI di Melbourne, Budiarman Bahar, mengatakan, pihaknya sudah menerima kiriman profil DNA orang tua dari dua mahasiswa Indonesia itu pada 19 Februari sore dan 20 Februari pagi langsung diserahkan ke pihak otoritas Australia di Victoria.

Serahkan Pencarian

Dalam penanganan masalah Rudi dan Dean Lesmana, pemerintah RI yang diwakili KJRI Melbourne dan pihak keluarga sudah sepakat menyerahkan sepenuhnya upaya pencarian keduanya kepada pihak terkait Australia.

Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan 17 Februari di kantor KJRI Melbourne itu. Saat itu, hadir para wakil berbagai otoritas terkait Australia, seperti Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Australia, koordinator unit "orang hilang" Polisi Victoria, dan perwira penghubung kepolisian Victoria.

Pihak keluarga korban diwakili Juliana (kakak Rudi) dan suaminya, Felix, sedangkan pihak KJRI Melbourne diwakili Konsul Jenderal RI Budiarman Bahar, konsul muda konsuler, konsul muda bidang ekonomi, dan kepala unit komunikasi dan keamanan.

Rudi dan Dean Lesmana hilang sejak kebakaran semak belukar dahsyat yang menyapu Marysville pada 7 Februari lalu.

Kota kecil Marysville merupakan salah satu daerah terparah dalam musibah yang telah menewaskan sedikitnya 200 orang dan seorang petugas pemadam kebakaran yang tewas dalam sebuah kecelakaan itu.

Kebakaran terburuk dalam sejarah Australia sejak 1983 itu telah menewaskan sedikitnya 210 orang. Bencana itu juga menghancurkan lebih dari 1.800 rumah warga dan lebih dari 450 ribu hektare lahan di utara, timur laut dan timur Melbourne. Akibat musibah itu, sekitar tujuh ribu warga kehilangan rumah.

Jumlah korban tewas dalam bencana itu diperkirakan bisa bertambah hingga mencapai 300 orang karena masih banyak warga dinyatakan hilang dan titik api masih membara di sejumlah tempat.

Dalam bencana itu, seorang pemuda bernama Brendan Sokaluk diadili di pengadilan setempat karena diduga keras sengaja membakar lahan semak belukar di daerah Churchill-Jeeralang yang menewaskan 11 orang.

Indonesia termasuk negara sahabat Australia yang memberikan bantuan berupa uang senilai satu juta dolar AS untuk membantu program pembangunan kembali sekolah-sekolah yang terbakar serta pengiriman enam anggota tim identifikasi korban bencana (DVI) Polri.

Ke-enam anggota DVI Polri yang sudah resmi bekerja sejak 16 Februari lalu untuk membantu tim DVI Australia mengidentifikasi jenazah para korban adalah Kombes Pol dr Musaddeq Ishaq, DFM (pimpinan operasi), AKBP dr Agung Widjajanto, SpF (anggota), Kompol drg Lisda Cancer (anggota), Kompol drg Anton K Widagdo (anggota), Kompol dr D Aji Kadarmo, SpF (anggota), dan drg Daniel Augustinus (anggota).

Selain kota wisata Marysville, beberapa daerah lain yang rusak parah karena kebakaran hebat itu adalah Kinglake, Kinglake West, St Andrews, Wandong, Callignee, Hazelwood, Jeeralang, Humevale, Bendigo, Upper Callignee, Long Gully, Strathewan, dan Arthurs Creek.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009