Menurut pengakuan dari pengemudi, penyebab kecelakaan adalah 'power steering' kendaraan yang dikemudikan rusak, sehingga yang bersangkutan tidak bisa mengendalikan dan kemudian truk terguling
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyebutkan kendaraan jenis tractor head traeler yang terguling di Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR), Jumat sore, bermuatan gas LPG seberat 15 ribu kg milik PT Pertamina.

"Kecelakaan tunggal itu melibatkan kendaraan jenis tractor nopol B 9038 WFA, bermuatan gas LPG seberat 15 ton milik PT Pertamina," kata General Manager Operation PT Jalantol Lingkarluar Jakarta, Thomas Dwiatmanto, dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta.

Truk yang dikendarai oleh Iman Santoso (38) terbalik di Ruas Tol JORR Non S tepatnya pada Km 53+400 (Cakung) arah Cikunir pada pukul 16.01 WIB.

Baca juga: Kendaraan dari Tanjung Priok menuju Jatiasih dialihkan

Baca juga: Truk terguling di Tol Cikampek, arus kendaraan padat

Baca juga: Truk terguling di ruas Tol Jakarta-Cikampek akibat kelebihan muatan


Terdapat korban luka ringan dalam kejadian ini atas nama Ahmad Khoirulloh (21) yang merupakan kenek dari truk tersebut.

Kronologi kejadian bermula saat truk tangki melaju dari arah Tanjung Priok menuju Cikunir.

Menurut pengakuan dari pengemudi, penyebab kecelakaan adalah 'power steering' kendaraan yang dikemudikan rusak, sehingga yang bersangkutan tidak bisa mengendalikan dan kemudian truk terguling.

PT Jalantol Lingkarluar Jakarta telah berkoordinasi dengan PT Pertamina untuk proses evakuasi selanjutnya.

"Saat ini Emergency Response Team Pertamina tengah melakukan proses evakuasi, mengingat truk bermuatan bahan kimia berbahaya," katanya.

Proses evakuasi menggunakan kendaraan crane berkapasitas 80 ton sebanyak satu unit.

Petugas PT JLJ segera melakukan pengamanan di sekitar lokasi kejadian maupun pengaturan lalulintas di lokasi pengalihan.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020