PP PCI fokus tingkatkan pembinaan demi Olimpiade

PP PCI fokus tingkatkan pembinaan demi Olimpiade

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) Aziz Syamsudin (kiri). ANTARA/HO/PP PCI

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) fokus meningkatkan pembinaan demi mengejar prestasi tertinggi, termasuk berlaga di Olimpiade, apalagi Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah kejuaraan empat tahunan itu pada 2032.

"Persiapan yang kita lakukan salah satunya kejurnas dan tentu nanti untuk persiapan Olimpiade 2032. Tidak hanya itu, kami juga akan menggelar beberapa kejuaraan," kata Ketua PP PCI Aziz Syamsudin dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Yadavas Chairos raih dua kemenangan di pembuka Liga Cricket Indonesia

Menurut dia, selain melalui kejurnas, pihaknya juga sudah menyiapkan kejuaraan lain yang selama ini sudah berjalan seperti kejuaraan internasional Bali Six maupun Kartini Cup. Bali Six rencananya bergulir April nanti.

Tidak hanya itu, pria yang juga seorang politikus ini menambahkan jika Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 selesai, pihaknya juga akan menggelar Papua Six dan Kartini Cup khusus di Bumi Cendrawasih itu.

Azis mengemukakan bahwa saat ini peringkat cricket Indonesia di dunia berada diposisi 99. Untuk meningkatkan ke posisi yang lebih baik, membutuhkan beberapa pertandingan uji coba internasional. Karena itu, Azis berharap pemerintah dapat membantu pendanaannya.

Baca juga: Pemain timnas kriket Indonesia bantu tim ICC EAP juara di Australia

"Seperti tahun kemarin yang kita laksanakan sampai 12 pertandingan, kemudian ada training camp di Filipina, Thailand dan India. Tahun ini, kita akan menambah volume pertandingan persahabatan dengan negara-negara tetangga," katanya.

"Jadi kita akan terus menambahkan volume pertandingan internasional dan pertandingan persahabatan antarnegara. Oleh karena itu, kita juga perlu bantuan dari KOI, KONI dan Kemenpora, karena pertandingan di luar negeri juga perlu dana," tuturnya.

Selain melalui kejurnas dan kejuaraan lain yang sudah terjadwal, kata Aziz, pihaknya juga akan mengoptimalkan kejuaraan tingkat pelajar seperti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

Baca juga: Timnas kriket Indonesia akhiri 2019 dengan pecah rekor

Baca juga: Nama Indonesia bergema di ajang World Cup Cricket London


Khusus untuk kejurnas, PP PCI berharap bisa mendapatkan pemain-pemain potensial karena sasaran utamanya untuk membentuk tim nasional yang bakal turun di beberapa kejuaraan internasional. Untuk pelatih, PCI mendapatkan bantuan pelatih dari Australia.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menpora sebut kesehatan atlet dan pelatih yang utama

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar