Langkah konkret yang paling mudah untuk dipraktikkan adalah selalu menjaga jarak dengan orang lain saat batuk
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengajak masyarakat mempraktikkan etika yang baik pada saat batuk dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Langkah konkret yang paling mudah untuk dipraktikkan adalah selalu menjaga jarak dengan orang lain saat batuk," tulis Erick Thohir dalam akun resmi Instagram-nya.

Baca juga: Dipastikan sehat tidak kena corona, Erick akan bertugas seperti biasa

Erick mengatakan bahwa bukan kondisi batuk yang diperhatikan, melainkan cara kita batuk yang mesti diperhatikan.

"Ini bukan sekedar soal kesehatan, namun soal kesopanan. Mengutip nasihat agama, 'adab dahulu baru ilmu,'" katanya.

Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo menyebut langkah social distancing atau menjaga jarak antarsatu dengan yang lain menjadi hal yang paling penting dilakukan dalam situasi mewabahnya virus corona (COVID-19).

"Yang paling penting social distancing, bagaimana kita menjaga jarak," ujar Presiden saat memberikan keterangan pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Baca juga: Erick Thohir pastikan BUMN tetap layani Indonesia

Presiden mengatakan dengan kondisi tersebut maka sudah saatnya bekerja dari rumah, belajar dari rumah serta beribadah di rumah.

Presiden mengajak seluruh rakyat bekerja sama, saling tolong menolong, bersatu padu, bergotong-royong menangani COVID-19.

Menteri BUMN Erick Thohir pun yakin Indonesia bisa bersatu melawan corona melalui persatuan dan gotong royong.

Baca juga: Erick Thohir yakin Indonesia bisa bersatu lawan corona

Menurut Menteri BUMN tersebut, semua elemen masyarakat harus menjalankan perannya masing-masing, mengingat pemerintah tidak mungkin bekerja sendiri.

Saat ini, lanjut Erick, semua umat manusia di seluruh dunia sedang menghadapi ujian. Untuk bisa melaluinya dan insya Allah mampu mengatasinya dengan baik, semua lapisan masyarakat harus bersatu.

Menteri BUMN itu juga mengingatkan bahwa hal-hal terkecil yang memang harus dilakukan, mulai dari rutin mencuci tangan, menjaga kebersihan kantor dan rumah, berolahraga dan tidak menghadiri acara yang penuh orang seperti konser, pertandingan olahraga dan tempat wisata dapat meminimalkan penyebaran COVID-19.

Baca juga: Cegah Corona, Erick: Berikan masker kepada yang lebih membutuhkan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020