Kemarin, ganjil-genap ditiadakan hingga laporan dari Pulau Sebaru

Kemarin, ganjil-genap ditiadakan hingga laporan dari Pulau Sebaru

Gerbang utama Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, yang ditutup sementara sebagai antisipasi merebaknya COVID-19, Sabtu (14/3/2020). ANTARA/Laily Rahmawaty/aa.

Jakarta (ANTARA) - Beragam berita dan peristiwa di Kota Metropolitan Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (15/3) telah diwartakan Kantor Berita Antara.

Berikut kami hadirkan beberapa berita terpopuler kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai informasi serta referensi sebelum memulai aktivitas Anda.

Ganjil genap juga ditiadakan di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meniadakan kebijakan ganjil-genap di seluruh kawasan Jakarta sebagai langkah pencegahan penyebaran virus COVID-19 di ruang publik seperti transportasi umum.

"Kita menghapuskan dan mencabut kebijakan ganjil genap di seluruh kawasan Jakarta sehingga masyarakat bisa memilih moda transportasi yang minim menularkan (COVID-19), kita cabut sementara akan kembali diberlakukan ketika kondisi sudah dalam kontrol kita," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Minggu.

Warga Jakarta diminta jaga jarak saat beraktivitas cegah COVID-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga Ibu Kota menjaga jarak saat beraktivitas (Social Distancing Measure/SDM) untuk mencegah potensi penyebaran COVID-19 di ruang publik.

"Dalam menjalani hari-hari ke depan semua warga Jakarta harus melakukan yang namanya 'Social Distancing Measure'. Yaitu menjaga jarak antar warga, mengurangi kontak fisik, menjauhi tempat- tempat berkumpul orang banyak," kata Anies dalam pesan suaranya yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu.

Data terkini COVID-19 DKI: Ada 174 ODP-152 PDP

Hingga 14 Maret 2020, data penyebaran Virus Corona COVID-19 yang ditunjukan dalam laman data milik Pemprov DKI Jakarta, Minggu dini hari, menyebutkan bahwa ada 174 orang berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP) dan 152 orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Dalam data yang diperbaharui pada 14 Maret 2020 pukul 18.00 WIB tersebut, disebutkan bahwa orang yang berstatus ODP ada 660 orang dengan 486 orang dinyatakan selesai masa pemantauan dan 174 orang dalam proses pemantauan.

68 ABK Diamond Princes mulai dikeluarkan dari Pulau Sebaru

Sebanyak 68 warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Diamond Princess akhirnya keluar dari Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, usai menjalani observasi terkait virus corona (COVID-19).

Pantauan Antara, Minggu pagi, aktivitas dimulai sejak pukul 05.00 WIB. Prajurit TNI bersama para peserta observasi mengeluarkan barang bawaan menuju dermaga.
Sejumlah ABK World Dream berbaris usai tiba di dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan seluruh 188 WNI ABK yang telah menjalani observasi selama 14 hari di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, terbukti sehat dan terbebas dari infeksi virus corona. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Negatif corona, 68 ABK Diamond Princess dibekali kartu kuning

Kementerian Kesehatan memberikan kartu kuning kepada 68 WNI anak buah kapal (ABK) Diamond Princess yang telah dinyatakan sehat atau negatif dari COVID-19 usai mereka menjalani observasi selama 14 hari di Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu.

Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan Budi Sylvana menjelaskan 68 ABK yang dipulangkan pada Minggu (15/3) ini, mendapatkan kartu kuning yang digunakan jika mereka mengalami gangguan kesehatan, baik dalam perjalanan maupun saat berada di daerah asalnya masing-masing.

Pemprov DKI ubah jam layanan transportasi umum cegah COVID-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengubah kebijakan khusus untuk transportasi umum yang ada di bawah naungan Jak Lingko yaitu Moda Raya Terpadu (MRT), Light Rail Transit (LRT) dan TransJakarta untuk pencegahan penyebaran COVID-19 di ruang publik.

"Kita menurunkan secara ekstrim kapasitas layanan, jadi jadwal MRT misalnya yang semula keberangkatannya tiap 5 menit dan 10 menit sekarang akan diubah mulai besok menjadi 20 menit. Rangkaian MRT yang setiap hari beroperasi ada 16 rangkaian akan berubah tinggal 4 rangkaian yang beroperasi, waktunya yang semula dari jam 05.00 WIB sampai 24.00 WIB sekarang berubah 06.00 WIB pagi hingga 18.00 WIB sore, kemudian LRT juga begitu," kata Anies didampingi para petinggi layanan transportasi dan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Minggu sore.

Bupati Bogor instruksikan guru siapkan setumpuk pekerjaan rumah

Bupati Bogor, Ade Yasin menginstruksikan kepada seluruh guru di Kabupaten Bogor agar menyiapkan setumpuk pekerjaan rumah (PR), menyusul keputusan Gubernur Jawa Barat meliburkan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah, sebagai upaya pencegahan virus corona atau COVID-19.

"Di saat libur anak-anak dikasih PR banyak supaya tidak kemana-mana dan belajar di rumah," ujarnya usai rapat terbatas mengenai COVID-19 di Pendopo Bupati, Cibinong, Kabupaten Bogor Jawa Barat, Minggu.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jokowi minta Menkes dan Gugus Tugas Pusat kendalikan Jatim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar