Kabul (ANTARA News)- Tiga personel pasukan komando angkatan darat Afghanistan tewas ketika sebuah bom yang disembunyikan di pinggir jalan menghantam kendaraan mereka ketika mereka sedang mencari para gerilyawan di Afghanistan timur, kata militer AS dan Afghanistan, Minggu.

Tentara-tentara itu , bagian dari kesatuan elit angkatan darat yang baru sedang melakukan patroli pengintaian , Sabtu ketika kendaraan mereka melindas bom di provinsi Paktia , kata mereka.

Tiga tentara tewas dan empat lainnya cedera,kata sebuah pernyataan angkatan darat Afghanistan.

Tentara koalisi juga bagian dari misi itu tetapi tidak ada korban di kalangan mereka, kata militer. "Pasukan itu menahan enam orang yang terlibat serangan tersebut," tambahnya.

AS memimpin usaha-usaha yang disponsori internasional untuk membangun tentara Afghanistan , yang hancur akibat perang saudara tahun 1990-an.

Angkatan darat sekarang memiliki lebih dari 80.000 personil -- termasuk tiga satuan komando-- yang ikut serta dalam operasi-operasi kontra pemberontakan bersama dengan 70.000 tentara internasional yang digelarkan di negara itu.

Presiden AS Barack Obama , Jumat mengumumkan ia akan mengirim 4.000 pelatih militer untuk mempercepat usaha-usaha membangun militer sampai 134.000 personil sebagai bagian dari satu strategi baru untuk mengalahkan kegiatan kelompok garis keras yang meningkat di Afghanistan dan Pakistan.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009