Imbauan jaga jarak, KCI tambah dua pemberangkatan kereta KRL

Imbauan jaga jarak, KCI  tambah dua pemberangkatan kereta KRL

Petugas memeriksa suhu tubuh calon penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Juanda, Jakarta, Senin (16/3/2020). (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

Kami berharap masyarakat khususnya pengguna KRL dapat bekerja sama dan saling mengingatkan sesama pengguna untuk menjaga jarak
Jakarta (ANTARA) - Untuk memenuhi imbauan jaga jarak untuk mencegah penularan COVID-19, PT Kereta Commuterline Indonesia (KCI)  menambah dua pemberangkatan kereta KRL dari Bogor menuju Kampung Bandan dan Jakarta Kota.

Pemberlakuan tersebut terhitung sejak 18 Maret, menyusul langkah pemerintah pusat mengantisipasi peredaran virus corona (COVID-19), untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan orang, termasuk di transportasi publik.

"Kami berharap masyarakat khususnya pengguna KRL dapat bekerja sama dan saling mengingatkan sesama pengguna untuk menjaga jarak. Bila kereta sudah tampak mulai padat, pengguna sebaiknya mempertimbangkan untuk naik kereta selanjutnya, ” jelas Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba di Jakarta, Rabu.

Baca juga: KCI tegaskan telah lakukan upaya cegah penyebaran virus corona

Baca juga: Kemarin, dampak corona kompleks sampai kartu multi trip KCI

Baca juga: Pengelola kendaraan umum wajib seleksi penumpang


Anne menyebut, menjaga jarak diantara penumpang juga lebih dimungkinkan dengan telah berkurangnya pengguna KRL, seiring semakin banyaknya institusi dan perusahaan yang menganjurkan karyawan untuk bekerja dari rumah.

Dari data transaksi tiket elektronik KCI jumlah pengguna KRL pada Senin 16 Maret 2020 mencapai 733.140 penumpang, turun 27% dibanding Senin 9 Maret 2020 yang mencapai 1.009.362 penumpang.

Sementara pantauan di sejumlah stasiun KRL pada Senin 16 Maret kemarin, jumlah pengguna turun sebagai berikut:

1. Bogor (turun 28% dibanding Senin, 9 Maret 2020)
2. Tebet (turun 28%)
3. Tanah Abang (turun 23%)
4. Gondangdia (turun 30%)
5. Sudirman (turun 26%)

Untuk hari Selasa 17 Maret, dengan semakin bertambahnya orang yang bekerja dari rumah, jumlah pengguna KRL tercatat 610.207 penumpang.

Meskipun terdapat penurunan, PT KCI akan menambah dua pemberangkatan dari Bogor pada jam sibuk pagi hari untuk semakin mengurangi kepadatan pengguna.

Jadwal tambahan dua pemberangkatan tersebut adalah:
1. Pemberangkatan Bogor tujuan Kampung Bandan pukul 05:32 WIB.
2. Pemberangkatan Bogor tujuan Jakarta Kota pukul 06:02 WIB.
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemenhub soroti jaga jarak di transportasi umum

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar