Jakarta (ANTARA) - Situasi muram di tengah penyebaran virus corona COVID-19 dijadikan inspirasi oleh koki Hanoi, Vietnam, dengan menjual burger hijau bertema virus corona.

Koki bernama Hoang Tung dan timnya menghabiskan waktu beberapa hari untuk membuat roti burger berwarna hijau--dengan pewarna teh hijau-- lengkap dengan "mahkota" yang mirip dengan visual virus corona.

Baca juga: Chef restoran Tabla, Floyd Cardoz meninggal dunia akibat corona

"Kami punya lelucon, jika kalian takut sesuatu, kalian harus memakannya," kata Tung di toko Pizza Home, Hanoi, seperti dikutip dari Reuters.

"Itulah kenapa virus corona tak lagi menyeramkan setelah kau makan burger dengan bentuk virus. Ini salah satu cara menyebarkan kebahagiaan pada orang lain selama pandemi," ujar Tung.

Baca juga: Burger ini bisa dimakan termasuk bungkusnya
 
Burger bentuk virus corona di restoran di Hanoi, Vietnam, 25 Maret 2020 (REUTERS/KHAM)


Toko itu telah menjual sekitar 50 burger per hari di tengah melemahnya perekonomian di Vietnam di mana sejumlah bisnis terpaksa tutup akibat penyebaran virus.

Pada pertengahan Februari, Vietnam mengatakan 16 kasus COVID-19 yang diketahui telah pulih, tapi kasus bertambah seiring masuknya turis dan warga negara Vietnam yang pulang kampung.

Kini ada 148 kasus infeksi virus di Vietnam, tapi tidak ada laporan kematian, kata kementerian kesehatan setempat.

Otoritas di Hanoi dan Ho Chi Minh City telah memerintahkan semua bisnis non-esensial untuk menutup bisnis kendati sejumlah toko makanan, termasuk toko Tung, masih dibuka.


Baca juga: "Kacung Beruk" penganan unik khas Kerinci

Baca juga: Sebutir durian dilelang Rp681 juta di Thailand

Baca juga: Di Jepang ada saus ayam goreng rasa 'keringat wanita'

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020