Tips seduh kopi nikmat ala kafe saat #dirumahaja

Tips seduh kopi nikmat ala kafe saat #dirumahaja

Ilustrasi. (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Menikmati secangkir kopi di kedai kopi langganan mungkin sudah menjadi kebiasaan sebagian orang. Namun, menyusul imbauan #dirumahaja sebagai upaya jaga jarak fisik (physical distancing), mau tak mau hampir semua rutinitas dilakukan di rumah.

Baca juga: Coffee mocktail, tren baru minuman kopi kekinian

Baca juga: Kopi Jenderal Budi Waseso sajikan menu favorit Gandja dan Klepon


Terdapat sejumlah tips bagi penikmat kopi untuk menyeduh kopinya di rumah agar terasa senikmat di kafe ala Otten Coffe.

Mulai dan akhiri dengan tangan yang bersih
Biasakan cuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir sebelum mulai menyeduh kopi. Pastikan tangan sudah benar-benar bersih, termasuk bagian bawah kuku dan sela-sela jari. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah menyeduh kopi.

Pastikan peralatan juga higienis
Tak hanya membersihkan tangan, penting juga membersihkan peralatan "ngopi" Anda secara berkala untuk menghindari paparan bakteri dan virus. Cuci bersih dan lap sampai kering semua peralatan sebelum digunakan.

Gunakan cangkir kopi yang menarik
Salah satu faktor yang membuat orang lebih senang menikmati kopi di kafe adalah cangkir-cangkir lucu dan menarik yang mereka miliki. Oleh karena itu, supaya "ngopi" terasa berkualitas, gunakanlah cangkir-cangkir menarik untuk setiap kopi, mulai dari espresso hingga cappuccino, juga cangkir istimewa untuk filter coffee dan cold brew.

Cari referensi resep favorit
Supaya bisa makin semangat untuk membuat kopi berkualitas ketika #dirumahaja, Anda bisa mencari referensi resep-resep kopi seduh dari media sosial ataupun sumber lain di internet dan mempelajari langkah demi langkahnya dengan baik dan menyenangkan.

Lengkapi alat seduh dan biji kopi
Biasanya, alasan orang-orang memilih pergi ke kedai kopi adalah kurang lengkapnya alat seduh dan biji kopi sendiri. Anda bisa mulai melengkapi dulu perangkat manual brew serta single origin asli Indonesia terfavorit, jadi Anda tidak bosan dan bisa berganti-ganti rasa tiap harinya.

Baca juga: Bukan cuma kopi, Fore Coffee sekarang juga tawarkan jamu

Baca juga: Menikmati uniknya kopi susu yang diracik dengan sirup di Kisah Kopi

Baca juga: Minum kopi pagi hari bisa tingkatkan kreativitas?

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tetap berkarya dengan ampas kopi di tengah wabah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar