Jakarta (ANTARA) - TNI Angkatan Darat (AD) mempersiapkan tiga jenis kendaraan khusus penyemprot cairan disinfektan untuk memerangi penyebaran virus corona (COVID-19) di Indonesia.

"TNI AD sudah menyiapkan kendaraan khusus untuk penyemprotan disinfektan untuk memerangi COVID-19," kata Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (31/3).

Tiga jenis kendaraan yang disiapkan TNI untuk perang melawan COVID-19 yaitu L200, Defender, serta Jimny Unimog yang semuanya dilengkapi pompa dan tabung penyemprot berisi cairan disinfektan.

Baca juga: PMI Jakarta Barat kerahkan truk kapasitas 2.400 liter untuk disinfeksi
Baca juga: Pakar: Penyemprotan disinfektan tidak dianjurkan dengan cara "fogging"
Baca juga: TNI AU dan FASI semprot disinfektan menggunakan drone di Jaktim


Adapun spesifikasi masing-masing kendaraan antara lain, untuk kendaraan jenis L200 memiliki pompa penyemprot dengan kekuatan 5,5 hp dan 6 nosel. Lalu, kendaraan jenis Defender dilengkapi pompa penyemprot berkekuatan 5,5 hp dengan 8 nosel.

Terakhir, untuk kendaraan Jimny, dilengkapi dua tabung disinfektan dan satu mesin penyemprot bahan bakar, serta penyemprot dengan 10 nosel.

Selain menyiapkan kendaraan penyemprotan disinfektan untuk memerangi COVID-19, TNI AD juga menyiapkan para personel prajurit yang dilengkapi alat pelindung diri (APD) untuk melakukan tugas menyemprot disinfektan.

Baca juga: Guru besar ingatkan penyemprotan disinfektan bisa matikan bakteri baik
Baca juga: Pemprov Jakarta disinfeksi permukiman dan jalan gunakan "drone"


Seluruh kendaraan dan prajurit khusus tersebut akan dioperasikan ke seluruh wilayah Indonesia demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020