Bursa Australia dibuka menguat ditopang saham energi

Bursa Australia dibuka menguat ditopang saham energi

FILE FOTO: Seorang investor berdiri di depan papan yang memperlihatkan harga saham di Australian Securities Exchange (ASX) di Sydney, Australia, (27/06/2016). ANTARA/REUTERS/David Gray/am.

Semua sektor meningkat dalam perdagangan awal dengan sektor industri naik lebih dari tiga persen dan sektor lainnya menguat sekitar satu hingga dua persen.
Sydney (ANTARA) - Bursa saham Australia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Rabu pagi, dengan semua sektor menguat dipimpin oleh lonjakan saham-saham energi.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 107,80 poin atau 2,12 persen pada 5.184,60 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 106,10 poin atau 2,08 persen pada 5.216,70 poin.

Semua sektor meningkat dalam perdagangan awal dengan sektor industri naik lebih dari tiga persen dan sektor lainnya menguat sekitar satu hingga dua persen.

Baca juga: Bursa saham Australia merosot tajam di akhir perdagangan

Namun saham-saham energi paling menonjol, melonjak tujuh persen, setelah terpukul bersama dengan seluruh pasar selama sebulan terakhir.

"Harga minyak global mantap pada Selasa. Investor berbesar hati dengan berita bahwa para pemimpin AS dan Rusia telah sepakat untuk mengadakan pembicaraan dengan tujuan menstabilkan pasar energi," kata analis pasar Commsec, Craig James.

Semua penambang minyak Aussie telah jatuh terjauh dalam volatilitas ekstrem bulan lalu, merosot lebih dari 33 persen dari nilai gabungannya.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia menguat dengan Commonwealth Bank naik 0,87 persen, ANZ naik 0,35 persen, National Australia Bank naik 0,36 persen dan Westpac Bank naik 0,91 persen.

Saham-saham pertambangan terangkat dengan Rio Tinto naik 3,80 persen, BHP naik 2,93 persen, penambang emas Newcrest naik 0,56 persen dan Fortescue Metals naik 2,20 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas melonjak dengan Oil Search naik 7,98 persen, Santos naik 7,09 persen dan Woodside Petroleum naik 5,66 persen.

Baca juga: Saham Inggris naik lagi dengan indeks FTSE 100 terangkat 1,95

Supermarket terbesar di Australia terangkat dengan Coles naik 1,45 persen, dan Woolworths naik 1,88 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra meningkat 2,61 persen, operator penerbangan nasional Qantas menguat 0,31 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 2,30 persen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar