Jakarta (ANTARA) - Ide untuk memotong rambut sendiri bisa berbuah bencana untuk penampilan Anda. Oleh sebab itu memotong rambut sendiri di rumah sesungguhnya tidak direkomendasikan.

Kendati demikian, banyak salon yang tidak beroperasi untuk sementara waktu akibat pandemi corona. Selain itu imbauan untuk tetap berada di rumah saja, membuat sebagian besar dari Anda tidak bisa memotong atau merapikan rambut, kecuali dilakukan sendiri di rumah.

Baca juga: Bawang bombay bisa untuk perawatan rambut

Baca juga: Kotoran burung jadi bahan ampuh untuk "facial"


"Anda bisa memotong rambut sendiri bila terdapat cabang pada ujungnya. Namun potonglah rambut lebih sedikit daripada yang seharusnya dibutuhkan," ujar ahli tata rambut Yene Damtew, yang juga merupakan penata rias rambut Michelle Obama ini.

Sementara ahli tata rias rambut Nunzio Saviano mengatakan, bila terpaksa harus memotong rambut sendiri, gunakan gunting yang tajam (bukan gunting dapur atau gunting alat tulis kantor). Penggunaan gunting yang kurang tajam bahkan tumpul, dapat membuat rambut terpotong dengan tidak rata, sehingga kesalahan dalam memotong rambut dapat semakin tinggi.

1. Rambut lurus
Saviano menyarankan untuk rambut lurus, dapat dilakukan pemotongan dalam kondisi rambut kering. Caranya, bagi rambut menjadi beberapa bagian sehingga mudah diatur. Ambil ujung rambut yang dan potong hanya pada ujung rambut, dengan gunting yang dipegang secara horisontal.

"Potong tidak lebih dari setengah inci. Anda dapat memotongnya kembali di lain waktu, namun setengah inci adalah ukuran yang paling tepat sehingga model rambut Anda tidak banyak berubah," kata Saviano.

2. Rambut bergelombang
Ahli tata rias rambut Ona Diaz-Santin mengatakan rambut yang kering secara alami sehabis keramas adalah kondisi yang tepat.

Untuk cara memotong, sama seperti rambut lurus. Hanya saja Anda harus memastikan bahwa rambut Anda tidak ada yang kusut. Selain itu hindari menarik rambut terlalu tegang, supaya Anda dapat melihat tekstur rambut. Ingat, hanya potong pada bagian ujung saja.

Bila Anda memiliki rambut panjang dengan layers, Anda dapat mengikat rapi rambut tepat di atas ubun-ubun. Angkat rambut yang sudah diikat tinggi-tinggi, ambil bagian ujung dan potong perlahan-lahan.

"Ingat, bila Anda memotong rambut bergelombang dalam kondisi basah, pastikan tidak ada rambut yang kusut. Dan sebaiknya potong ketika kondisinya lembab bukan sangat basah," ujar Santin.

Bagaimana dengan rambut keriting dan tebal? Simak di halaman selanjutnya...

Baca juga: Rahasia tatanan rambut sempurna

Baca juga: Tips rawat rambut ala Atiqah Hasiholan

Baca juga: Tips merawat rambut untuk pengguna hijab

 

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020