Palembang (ANTARA News) - Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) ditetapkan SIWO (Seksi Wartawan Olahraga) PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) sebagai tuan rumah Porwanas (Pekan Olahraga Wartawan Nasional) ke-10, 4-9 Februari 2010.

Menurut Sekum KONI Sumsel, Zainuri Adnan, di Palembang, Jumat, Sumsel terpilih setelah unggul dalam perolehan suara dari Jawa Barat dan DKI Jakarta dalam rapat kerja SIWO PWI di Hotel Maharaja, Jakarta 11-13 April lalu.

Tak hanya menyelenggarakan Porwanas, Sumsel juga ditunjuk sebagai pelaksana peringatan Hari Pers Nasional (HPN), Februari 2010.

Ia menjelaskan, terdapat 12 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada ajang bergengsi antarwartawan tingkat nasional ini, yaitu atletik, biliar, bolling, bridge, bulu tangkis, bola voli, catur, dayung, futsal, sepak bola, tenis meja, dan tenis lapangan.

Pelatih biliar Sumsel ini juga menjelaskan, panitia Porwanas menetapkan persyaratan kepada perserta harus memiliki kartu anggota PWI (kartu biru) yang sah dan masih berlaku.

"Ini syarat mutlaknya. Kartu anggota selambat-lambatnya telah disahkan tiga bulan sebelum pendaftaran entry by name ke panitia Porwanas. Setiap atlet juga diberi kesempatan untuk mengikuti maksimal dua cabang olahraga," ucap Zainuri.

Selain itu, panitia juga membagi atlet berdasarkan kelompok umur, kurang dari 35 tahun, antara 36-45 tahun, dan lebih dari 45 tahun.

Pembagian ini dikhususkan untuk cabang tenis, tenis meja, bulu tangkis, dan atltik. Sedangkan, khusus atletik dibagi dalam dua kategori, kurang dari usia 40 tahun dan lebih dari 40 tahun.

"Pada kejuaran ini, PWI akan memberikan penghargaan kepada atlet terbaik, pelatih terbaik, pembina terbaik, pengabdi olahraga (life time achievement) dan penghargaan khusus (sponsorship)," ujar dia lagi..

Sedangkan, untuk perayaan HUT HPN, PWI mengagendakan akan menyelenggarakan seminar olahraga, dan SIWO mengagendakan kegiatan peduli lingkungan berupa menebar ikan dan menanam pohon," kata Zainuri.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009