Bamsoet lantik empat anggota MPR Pergantian Antar Waktu

Bamsoet lantik empat anggota MPR Pergantian Antar Waktu

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melantik empat anggota MPR RI pergantian antar waktu (PAW). ANTARA/HO MPR RI.

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melantik empat anggota MPR RI pergantian antar waktu (PAW) dan mengajak seluruh anggota untuk terus bekerja secara produktif meskipun terdapat beberapa keterbatasan yang ditimbulkan oleh situasi pandemi COVID-19 saat ini.

"Semoga tugas dan kewenangan konstitusional Majelis tetap dijalankan dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh tanggung jawab," kata Bamsoet usai melantik PAW anggota MPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Keempat anggota MPR RI yang baru dilantik adalah Irmadi Lubis (Fraksi PDI-Perjuangan), Tuti N. Roosdiono (Fraksi PDI-Perjuangan), Julie Sutrisno (Fraksi Partai Nasdem), dan Matheus Stefi Pasimanjeku (Kelompok DPD dari Provinsi Maluku Utara).

Baca juga: Bamsoet: Perppu 1/2020 harus dibatasi masa berlakunya

Baca juga: Hadapi COVID-19, Ketua MPR ajak peduli ojek daring


Dia menjelaskan MPR RI merupakan lembaga negara pengawal ideologi bangsa sehingga melalui kegiatan pemasyarakatan Empat Pilar, MPR RI terus berusaha menumbuhkan keyakinan dan kesadaran bahwa Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan acuan yang sepatutnya menginspirasi seluruh pengaturan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut dia, untuk memastikan nilai-nilai luhur bangsa hadir di tengah perjuangan masyarakat menghadapi pandemi COVID-19, MPR RI telah mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya "MPR RI Peduli – Fight Corona" pada 23 Maret 2020.

"MPR RI bersama BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) telah menggagas aksi solidaritas gotong royong Pancasila untuk menggugah rasa kebangsaan dan kebersamaan sesama anak bangsa dalam bentuk 'Gerakan Empat Pilar Berbagi Pulsa' sebagai salah satu upaya mewujudkan jaring pengaman sosial ekonomi masyarakat kecil, khususnya pengemudi ojek daring," ujarnya.

Kedua upaya tersebut menurut dia, merupakan salah satu wujud nyata MPR RI dalam mengimplementasikan nilai-nilai Empat Pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga: MPR: Pemerintah perhatikan kelompok rentan terpapar COVID-19

Baca juga: MPR apresiasi PSBB disertai kebijakan turunan

Dia berharap langkah MPR itu dapat dikapitalisasi menjadi kekuatan sosial yang luar biasa, memotivasi sesama anak bangsa untuk meningkatkan solidaritas, saling membantu, dan bergotong royong untuk melewati situasi pandemi ini.

"MPR RI juga mengharapkan lembaga negara dan kementerian lain untuk melakukan hal yang sama sehingga dampaknya dapat semakin dirasakan masyarakat secara lebih luas," katanya.

Bamsoet juga berharap masing-masing anggota MPR RI juga dapat meneruskan berbagai upaya yang sudah dilakukan MPR RI dan harus mendekat pada rakyat di lingkungannya masing-masing serta menjadi agen perubahan dengan terus mengimplementasikan nilai-nilai Empat Pilar dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Bamsoet dukung kebijakan larangan WNA masuk Indonesia

Baca juga: MPR dukung kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wakil Ketua MPR RI ajak saling peduli di tengah pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar