Lima buah terbaik untuk dikonsumsi ibu hamil

Lima buah terbaik untuk dikonsumsi ibu hamil

Ilustrasi buah-buahan (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Perempuan hamil memerlukan nutrisi yang lebih banyak dibanding dengan orang biasa, sebab ia juga harus menghidupi janin yang ada dalam kandungannya.

Baca juga: Ibu hamil tak perlu banyak makan

Nutrisi yang baik ini bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi termasuk buah-buahan. Walaupun semua buah memiliki banyak khasiat untuk tubuh, namun ada buah tertentu yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh perempuan hamil.

Berikut ini adalah lima buah terbaik untuk dikonsumsi oleh perempuan hamil menurut Boldsky, Kamis:

Apel
Penuh dengan nutrisi, apel terbukti bermanfaat bagi perempuan hamil. Selain kaya akan Vitamin A dan C, apel juga merupakan sumber potasium dan serat yang baik.

Penelitian mengungkapkan mengonsumsi apel selama kehamilan dapat mengurangi masalah pernapasan dan asma pada anak-anak. Flavonoid dalam apel merupakan senyawa polifenol yang memiliki antioksidan dan flavonoid dalam apel ini berhubungan dengan penurunan risiko asma.

Baca juga: Jangan kupas kulit apel, ini 5 manfaatnya

Pisang
Pisang kaya akan vitamin dan mineral, pisang dianggap sebagai buah yang ideal untuk dikonsumsi selama kehamilan. Kekurangan zat besi adalah salah satu keluhan yang paling umum ditemukan pada perempuan hamil dan buah ini telah terbukti baik dalam meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

Pisang juga membantu meredakan muntah dan mual yang dialami selama kehamilan. Asam folat dalam pisang juga baik untuk bayi dalam kandungan karena mengurangi risiko cacat lahir serta menurunkan kemungkinan bayi dilahirkan secara prematur. Pisang pun dapat merangsang nafsu makan ibu hamil yang umumnya cenderung malas makan.

Baca juga: Kulit pisang bisa diolah jadi permen antihiperkolesterol

Delima
Delima mengandung polifenol tertinggi di antara semua suplemen makanan yang tersedia di pasaran. Penelitian telah menemukan bahwa konsumsi buah delima selama kehamilan telah dapat membantu dalam melindungi saraf bayi. Delima juga kaya akan vitamin K, zat besi, serat, protein, dan kalsium.

Jeruk
Jeruk adalah salah satu buah yang paling sering dikonsumsi selama kehamilan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 200 perempuan, ditemukan bahwa pisang adalah buah yang paling sering dikonsumsi sebesar 95,4 persen, jeruk menempati urutan kedua dengan 88,8 persen dan diikuti oleh apel sebesar 88,3 persen. Penelitian ini dilakukan pada perempuan yang sedang hamil di Downey, California.

Jeruk baik yang dikonsumsi langsung ataupun dalam bentuk jus direkomendasikan untuk perempuan hamil. Namun hindari jus kemasan karena mengandung bahan pengawet.

Jeruk baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Jeruk juga dapat membantu perkembangan otak janin yang sedang tumbuh di dalam rahim dan bagus untuk mengatur tekanan darah Anda.

Mangga
Kaya akan Vitamin A dan C. Namun dalam memilih buah mangga harus berhati-hati apalagi jika menggunakan kalsium karbida yang biasa digunakan untuk mematangkan buah lebih awal.



Baca juga: Lima buah biasa yang punya manfaat luar biasa

Baca juga: Pengaturan nutrisi, kunci sukses puasa ibu hamil

Baca juga: Siasati mual awal masa kehamilan

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jambu kristal kian diminati cocok dikonsumsi di tengah wabah corona

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar