Jakarta (ANTARA News) - Ekspresi gadis berjilbab tersenyum ketika memasukkan surat suara ke dalam kotak merupakan imaji yang menjadi juara pertama dalam pengumuman pemenang lomba foto Komisi Pemilihan Umum (KPU) bagi pemilih pemula bertajuk `Gak Milih Gak Gaya`, di Jakarta, Senin.

Momen yang direkam lewat alat telepon genggam tersebut berhasil melangkahi sekitar 300 foto dari 100 peserta lomba foto yang menunjukkan ekspresi-ekspresi pemilih pemula ketika menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan calon legislator 2009 lalu.

"Kriteria penilaian foto antara lain kesesuaian foto dengan tema, objek foto, estetika fotografi, serta kualitas informasi foto," kata juri yang juga praktisi fotografi Ilham `Obama` Anas saat mengumumkan juara lomba foto KPU.

Pria yang kerap menirukan gaya Obama ini juga menekankan bahwa alat bukanlah yang utama, melainkan kualitas informasi foto yang mampu menyampaikan pesan lewat bahasa visual meskipun hanya lewat telepon genggam.

"Yang menang itu justru yang bisa menyampaikan info paling lengkap, ada orang milih, ada suasana TPS-nya, dan obyeknya anak muda," katanya.

Juri juga menilai pesan yang tersampaikan lewat visual tergambar secara lengkap pada seorang gadis yang berpose dengan empat surat suara dengan latar Tempat Pemilihan Suara (TPS) sehingga gambar tersebut layak menjadi juara II.

Sedangkan imaji yang menghadirkan seorang pemuda dengan ekpresi tertawa sambil
menunjukkan ujung kelingkingnya yang sudah tercelup tinta sebagai tanda sudah memilih dengan latar belakang tulisan "Selamat Datang di TPS" menjadi juara III.

Sementara itu, anggota KPU Endang Sulastri optimistis menanggapi antusiasme para pemilih pemula yang mengikuti lomba foto KPU.

"Anggapan masyarakat bahwa pemuda-pemuda apatis terhadap pemilu ternyata tidak terbukti," kata anggota KPU Endang.

Lomba foto KPU menelurkan tiga pemenang utama antara lain mahasiswi jurusan Administrasi Negara Fisip UI Berlianing Sari Pertiwi sebagai juara I dengan hadiah uang tunai sebesar Rp3 juta, mahasiswi Jurusan Humas Fisip UI Alice Raga Dewi sebagai juara II dengan hadiah uang tunai sebesar Rp2 juta, serta mahasiswa Kedokteran Universitas Trisakti Panji Irawan Suharto sebagai juara III dengan hadiah Rp1 juta. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009