Jakarta (ANTARA News) - Perenang nasional asal Jawa Barat Triadi Fauzi menargetkan meraih medali emas pada Kejuaraan Renang Kelompok Umur tingkat ASEAN di Kuala Lumpur Juni mendatang.

"Saya berharap bisa menunjukkan prestasi terbaik dan meraih medali emas pada kejuaraan renang ASEAN di Kuara Lumpur," kata Triadi di Jakarta, Kamis.

Rabu kemarin, pada Kejuaraan Nasional Kelompok Umur di Stadion Renang Gelora Bung Karno Senayan Jakarta,Triadi mempertajam rekor nasional kelompok umur nomor 400 meter gaya bebas atas namanya sendiri dengan catatan waktu 4:07:98 menit.

Rekor Kelumpuk Umur I (15-17 tahun) nasional 400 meter gaya putra sebelumnya diciptakannya pada Kejurnas KU tahun 2008 di Surabaya dengan catatan waktu 4:11:66 menit.

Dengan mempertajam rekornya dan meraih medali emas di Kejurnas terakhir itu, perenang kelahiran Ciamis 17 tahun ini, makin percaya diri untuk berprestasi lebih baik.

Bersama tujuh perenang Jawa Barat lainnya, Triadi sedang mengikuti Program Atlet Andalan (PAL) yang diselenggarakan Kantor Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga untuk menghadapi SEA Games 2009 di Laos.

"Saya mendapat bimbingan intensif dari pelatih sehingga saya siap tampil di kejuaraan kelompok umur ini," kata Triadi.

Ia mengakui meminta pelatih berprestasi terbaik yang bisa mempertajam rekornya yang diciptakannya tahun lalu.

Sebelum tampil di Kejurnas Kelompok Umur di Stadion Renang Gelora Bung Karno Jakarta, Triadi sukses menyabet medali emas pada nomor 400 meter gaya bebas putra pada Indonesia Open di lokasi sama tahun lalu.

Prestasi Triadi mulai diperhitungkan ketika ia meraih medali perunggu pada nomor 400 meter gaya bebas putra di Pekan Olahraga Nasional ke-17 di Kalimantan Timur tahun lalu.

"Spesialisasi saya memang di nomor 400 meter gaya bebas, meskipun saya juga turun di nomor 200 meter gaya bebas," katanya. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009