Milan (ANTARA News/Reuters) - Ferrari akan mundur dari Formula Satu akhir musim ini bila olahraga tersebut menjalankan pembatasan anggaran di tahun 2010, kata juara tersebut, Selasa, setelah pertemuan dewan.

"Tidak akan ikut F1 di tahun 2010 bila peraturan-peraturan tidak berubah. Ferrari menegaskan penentangannya terhadap peraturan-peraturan baru F1 yang diberlakukan FIA dan tidak akan bermaksud mendaftarkan mobil untuk kejuaraan dunia F1 2010," kata sebuah pernyataan.

Toyota dan Red Bull telah mengancam tidak akan mengikuti kejuaraan tahun depan, kecuali peraturan-peraturan baru yang dikeluarkan Federasi Otomobil Internasional (FIA) diubah.

FIA, yang dipimpin Max Mosley, ingin memberlakukan pembatasan anggaran opsional 40 juta pound (60,7 juta dolar AS) tahun depan untuk menarik tim-tim pendatang baru.

Rencana tersebut akan memungkinan tim-tim yang terbatas anggarannya untuk beroperasi dengan kebebasan teknis yang jaih lebih besar dibanding mereka yang terus memunyai anggaran tak terbatas.

Presiden ferrari Luca di Montezemolo, ketua Persatuan Tim Formula satu (FOTA), telah memperingatkan bahwa peraturan tersebut akan menciptakan suatu kejuaraan dua tingkat yang bisa jadi akan "tidak adil dan bahkan mungkin berat sebelah secara fundamental".

FIA telah menetapkan batas waktu 29 Mei untuk tim-tim yang ingin berkompetisi di tahun 2010 guna menyatakan apakah mereka menginginkan anggaran terbatas atau tidak.

Ferrari, tim paling tua dan paling berhasil di olahraga tersebut, juga mengancam akan mundur di bulan Oktober bila usul-usul tentang mesin standar bagi semua tim disetujui.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009