Produksi masker, Dompet Ummat Kalbar berdayakan penjahit binaan

Produksi masker, Dompet Ummat Kalbar berdayakan penjahit binaan

Seorang penjahit binaan Dompet Ummat Kalbar menunjukkan masker kain buatannya. ANTARA/Dedi/am.

Pembuatan masker ini sebagai bentuk dukungan dalam upaya mengurangi penyebaran COVID-19 untuk masyarakat Kalbar. Masker ini nantinya akan diberikan secara cuma-cuma
Pontianak (ANTARA) - Dompet Ummat Kalimantan Barat (Kalbar) yang merupakan lembaga kemanusiaan daerah memberdayakan penjahit binaannya untuk memroduksi masker sebagai bentuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

"Pembuatan masker ini sebagai bentuk dukungan dalam upaya mengurangi penyebaran COVID-19 untuk masyarakat Kalbar. Masker ini nantinya akan diberikan secara cuma-cuma," kata Manajer Fundraising Dompet Ummat Kalbar Aries Pratama di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa upaya pengadaan masker dilakukan seiring dengan kebijakan pemerintah yakni mewajibkan bepergian menggunakan masker guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Masker sendiri untuk saat ini bisa terhitung langka. Di sisi lainnya masih banyaknya keperluan masker bagi masyarakat luas," katanya.

Ia menyebutkan dana untuk pembuatan masker didapatkan dari donasi masyarakat yang hingga kini masih terus dilakukan proses penghimpunannya.

“Target kita ada 5.000 masker dari bahan kain yang kita buat. Terima kasih kepada masyarakat yang telah berdonasi kepada Dompet Ummat,” katanya.

Saat ini, kata dia, masker medis yang dulunya mudah ditemukan dengan harga per kotak Rp26 ribu hingga Rp28 ribu kini akibat kelangkaan bisa mencapai Rp400 ribu per kotak.

“Harga yang kian melonjak tentulah tidak semua kalangan bisa menggunakannya. Sekarang masyarakat berbondong-bondong mencari masker kain di pasaran, yang kemudian juga ikut langka,” kata Aries Pratama.

Keluhan berkurangnya pendapatan akibat dampak COVID-19 disampaikan salah seorang penjahit binaan Dompet Ummat Windi.

“Sebelum masa corona, orang-orang pada ngantre mau jahit. Apalagi apa lagi menjelang Ramadan. Dalam situasi sekarang, penghasilan hanya cukup untuk sehari-hari,” katanya.

Windi pun berterima kasih dengan program dari Dompet Ummat untuk pembuatan masker. Adanya program ini bisa menambah pendapatannya dan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat akan masker kain.

Dompet Ummat saat ini sedang menggalang dana untuk alat pelindung diri (APD), makanan tambahan ekstra bagi tim medis dan sembako untuk masyarakat yang terdampak COVID-19.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi bersama Dompet Ummat bisa menyalurkan via rekening Bank Mandiri 146.000.496.614.4 atau via rekening BNI Syariah 023.5359.406, demikian Aries Pratama.

Baca juga: Penjahit di Kalbar canangkan gerakan masker gratis

Baca juga: Gabungan BUMN di Kalbar serahkan bantuan APD penanganan COVID-19

Baca juga: Polisi ingatkan masyarakat tidak timbun masker dan kebutuhan pokok

Pewarta: Dedi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Negara yang menerapkan penggunaan masker berhasil tekan kasus COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar