New York (ANTARA News) - Indonesia melalui Kedutaan Besar RI di Washington D.C akan menggelar pameran batik koleksi pribadi ibunda presiden AS Barack Obama, Ann Dunham, sosok yang dikenal memiliki ketertarikan mendalam terhadap seni batik Indonesia.

Batik-batik koleksi Ann itu akan dipamerkan secara berkeliling ke beberapa wilayah AS mulai 16 Mei hingga 23 Agustus 2009, demikian keterangan yang dihimpun dari Kedubes RI di Washington, Sabtu.

Pameran ini memiliki tajuk "A Lady Found A Culture: Barack Obama`s Mother in Indonesia" dan diadakan bekerja sama dengan keluarga adik Presiden Obama, Maya Sutoro Ng.

Pameran secara berturut-turut diselenggarakan di enam kota besar AS, yaitu Chicago (17-21 Mei di Drake Hotel Chicago), Los Angeles (1-4 Juni di KJRI Los Angeles), San Francisco (9-11 Juni di Wisma Indonesia), Houston (2-5 Juli di KJRI Houston), New York (21-24 Juli di Waldorf Astoria), dan di Washington D.C. (9-23 Agustus di Textile Museum).

Acara pembukaan rangkaian pameran batik Ann Dunham di Chicago pada 16 Mei 2009 akan dihadiri antara lain oleh Menteri Perdagangan RI, Mari E. Pangestu, Duta Besar RI untuk AS Sudjadnan Parnohadiningrat dan Sekretaris Negara Bagian Illinois.

Sementara pada acara pembukaan pameran di Los Angeles dan San Francisco, akan menampilkan pula peragaan busana batik kontemporer Indonesia koleksi Ramli.

Rangkaian pameran batik ibunda Presiden AS ini akan diakhiri di Washington D.C, ditandai dengan penyelenggaraan "gala dinner" pada 8 Agustus 2009 oleh Dubes RI dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang dihadiri tamu khusus, Maya Soetoro Ng.

Menurut keterangan KBRI Washington D.C, selama tinggal di Indonesia Ann Dunham memiliki koleksi batik dari beberapa daerah di Indonesia. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009