Dee Lestari ungkap Glenn Fredly ubah lirik lagu "Malaikat Juga Tahu"

Dee Lestari ungkap Glenn Fredly ubah lirik lagu "Malaikat Juga Tahu"

Penulis novel dan penyanyi Dewi Lestari atau yang dikenal sebagai Dee Lestari (ANTARA/Instagram @deelestari)

Jakarta (ANTARA) - Penulis novel dan pencipta lagu Dee Lestari mengungkapkan bahwa Glenn Fredly sebenarnya mengubah lirik lagu "Malaikat Juga Tahu" ciptaan Dee yang pernah hits di tahun 2008.

Dalam sebuah pesan yang tak pernah tersampaikan kepada Glenn Fredly, Dee Lestari melayangkan protes atas lagu yang dinyanyikan ulang Glenn Fredly dalam album "Luka Cinta & Merdeka" (2012) tersebut.

"Ada satu protes saya yang lama tersimpan untuk Kaka Glenn. Di versi lagu Malaikat Juga Tahu yang Kaka Glenn bawakan, ada lirik yang Kaka Glenn salah nyanyikan, yakni "relakanku pergi" padahal seharusnya "melarangku pergi"," kata Dee melalui laman Instagram, Kamis.

Menurut Dee, ini adalah sebuah masalah besar karena akan menggeser makna asli dari lagu tersebut. Sayang semua ini tak pernah disampaikannya secara langsung,

"Bagi seorang lirikus, itu persoalan besar, Kaka. Pesan lagu jadi bergeser, cerita jadi terdeviasi, sebagian pendengar malah jadi menghafal lirik yang keliru," ujar pemilik nama asli Dewi Lestari itu.

"Namun, entah kenapa, protes itu seperti tak punya kesempatan untuk disampaikan. Tiap kali kita bertemu, yang diobrolkan selalu hal lain. Mungkin juga karena saya pelupa," lanjutnya.

Meski demikian, Dee bersyukur karena Glenn mampu membawakan "Malaikat Juga Tahu" menjadi versinya sendiri. Lagu tersebut pun kini seperti memiliki karakter baru.

"Namun, dari titik ini, titik di mana Kaka Glenn selamanya pergi, saya bersyukur akan sebaris lirik yang berbeda itu. Ibarat retak yang memberikan karakter abadi kepada vas porselen, baris yang Kaka nyanyikan menjadi ciri tersendiri bagi lagu Malaikat Juga Tahu versi Kaka. Menjadi memori tak terlupakan bagi saya. Menjadi penanda unik dalam relasi kita," ucap penulis novel "Supernova" itu.

Bagi Dee, Glenn adalah sosok yang menginspirasi. Ia menyayangkan tidak pernah mengabadikan kebersamaannya dengan pelantun "Akhir Cerita Cinta" itu.

"Bakat, olah rasa, dan semangatmu berkarya, akan menjadi inspirasi bagi banyak manusia Indonesia. Hingga bertahun-tahun ke depan. I hope you know that. Mengutip apa yang dikatakan @rezagunawan di kolom komen, lirik versimu menjadi terdengar sebagai salam perpisahan. Farewell, Kaka Glenn. Rest in peace @glennfredly309 #RIPGlennFredly #rectoverso #MalaikatJugaTahu," tutup Dee.


Baca juga: Kenangan dan pujian musisi Tanah Air untuk Glenn Fredly

Baca juga: Unggah "Renjana", Aura Kasih ucapkan selamat tinggal pada Glenn Fredly

Baca juga: Presiden Jokowi berbelasungkawa atas kepergian Glenn Fredly

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Glenn Fredly dalam kenangan, sederet lagu hits dan penghargaan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar