Jakarta lakukan PSBB, KAI hentikan sejumlah KA lintas selatan Jawa

Jakarta lakukan PSBB, KAI hentikan sejumlah KA lintas selatan Jawa

Ilustrasi: Kereta Api (KA) melintas di jembatan jalur ganda Kereta Api (KA) Lintas Selatan di antara Stasiun KA Geneng dan Stasiun KA Walikukun setelah dilakukan penggantian jembatan di Desa Tepas, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Kamis (22/8/2019). ANTARA FOTO/Siswowidodo/pd.

Pembatalan atau penghentian sementara terhadap perjalanan sejumlah KA ini berkaitan dengan pembatasan jam operasi transportasi umum di DKI Jakarta pada masa PSBB
Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali membatalkan atau menghentikan sementara perjalanan sejumlah Kereta Api (KA) lintas selatan Jawa, khususnya yang melewati Daerah Operasional 5 Purwokerto. 

"Pembatalan atau penghentian sementara terhadap perjalanan sejumlah KA ini berkaitan dengan pembatasan jam operasi transportasi umum di DKI Jakarta pada masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), yakni pukul 06.00-18.00 WIB," kata kata Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat.

PT KAI, kata dia, menyesuaikan jadwal operasional KA dari dan menuju Jakarta dalam rangka penerapan PSBB yang mulai dilaksanakan pada tanggal 10 April 2020.

Terkait dengan hal itu, ia mengatakan secara keseluruhan ada 44 perjalanan KA dari dan menuju Jakarta yang dihentikan sementara pada tanggal 10-23 April 2020.

Dengan demikian, lanjut dia, masih tersisa 14 perjalanan KA yang jadwal keberangkatan dan kedatangannya di Jakarta sesuai dengan jam operasional transportasi umum yang ditetapkan selama PSBB.

Baca juga: TransJakarta umumkan perubahan pola operasional selama PSBB

"Khusus kereta api lintas selatan Jawa dari dan menuju Jakarta yang masih dijalankan selama masa PSBB hanya KA Bima relasi Surabaya Gubeng-Gambir PP dan KA Serayu Pagi relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen PP," katanya.

Supriyanto mengatakan hal itu disebabkan PT KAI  menghentikan sementara 12 perjalanan KA lintas selatan dari dan menuju Jakarta yang melewati Daop 5 Purwokerto, yakni KA Argo Dwipangga relasi Solo-Gambir PP, KA Gajayana relasi Malang-Gambir PP, KA Senja Utama Solo relasi Solo-Pasarsenen PP, KA Sawunggalih Pagi relasi Kutoarjo-Pasarsenen PP, KA Bengawan relasi Purwosari-Pasarsenen PP, dan KA Serayu Malam relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen PP.

Selain KA Bima dan KA Serayu Pagi, kata dia, wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto masih dilayani sejumlah KA jarak jauh lintas selatan Jawa, yakni KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Surabaya Gubeng-Ketapang PP, KA Ranggajati relasi Cirebon-Surabaya Gubeng-Jember PP, KA Kahuripan relasi Blitar-Kiaracondong PP, KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo-Kiaracondong PP, KA Joglosemarkerto relasi Purwokerto-Semarang-Solo PP, dan KA Kamandaka relasi Purwokerto-Semarang PP

"Untuk KA yang masih berjalan, PT KAI hanya membuka penjualan tiket sebanyak 50 persen dari kapasitas tempat duduk dengan tujuan untuk menjaga physical distancing antarpenumpang di atas kereta," kata Supriyanto.

Baca juga: Polda Metro Jaya dirikan 33 titik pemeriksaan PSBB

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BPS: Kunjungan wisata mulai meningkat sejak relaksasi PSBB

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar