Kemensos berikan paket kelengkapan kesehatan untuk ribuan pilar sosial

Kemensos berikan paket kelengkapan kesehatan untuk ribuan pilar sosial

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto (kanan) ketika menyerahkan paket bantuan secara simbolis di Gedung TMPNU Kalibata, Jakarta, Senin (13/4/2020) (ANTARA/HO-Kementerian Sosial)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan 4.637 paket kelengkapan kesehatan kepada pilar-pilar sosial yang bertugas sebagai garda terdepan pemberdayaan sosial dan turut membantu dalam pencegahan COVID-19.

Bantuan kelengkapan kesehatan itu berupa masker, hand sanitizer dan vitamin C yang diberikan kepada pilar sosial seperti Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT), Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), menurut rilis yang diterima di Jakarta, Senin.

"Kami sudah siapkan paket perlengkapan medis untuk pilar-pilar sosial yang tentunya menjadi bekal bagi mereka dalam menjalankan tugas. Mereka aktif turut serta dalam pencegahan penyebaran COVID-19," kata Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto ketika menyerahkan paket bantuan itu secara simbolis di Gedung TMPNU Kalibata, Jakarta, Senin.

Baca juga: Warga Kampung Pemulung Pancoran terima bantuan sembako dari Kemensos

Paket bantuan kesehatan itu diharapkan dapat mendukung para pilar sosial dalam melakukan tugas mereka terutama terkait usaha penanganan COVID-19. Menteri Sosial Juliari Batubara sendiri juga menyampaikan apresiasi kerja keras dan pengabdian para petugas sosial itu di seluruh Indonesia.

Total 4.637 paket itu rencananya akan didistribusikan lewat Dinas Sosial yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia kepada para pilar sosial di tempat masing-masing bertugas.

“Ini merupakan penghargaan, dukungan, serta rasa terima kasih kami terutama kepada pilar-pilar sosial yang telah membantu melakukan pencegahan penyebaran COVID-19. Karena di garda depan, mereka memang rentan dalam tugasnya,” kata Edi.

Baca juga: Paket sembako Kemensos sentuh anak jalanan hingga sopir angkot

Kemensos juga turut aktif dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan dan memberikan edukasi kesehatan selama masa tanggap darurat.

Tidak hanya itu, Kemensos juga akan segera menjalankan program Bansos Sembako Jabodetabek bagi warga terdampak COVID-19 yang akan dimulai pada 20 April dengan Gedung TMPNU Kalibata menjadi pusat komandonya.

TMPNU Kalibata juga menjadi lokasi Dapur Umum Kemensos selama masa tanggap darurat COVID-19.

Selain bantuan terkait COVID-19, Kemensos juga tengah menyiapkan bantuan modal kewirausahaan sosial untuk 10.000 keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Graduasi sebesar Rp500.000 per KPM.

Baca juga: RS BUMN terima bantuan 20.000 APD dari Kemensos
Baca juga: 200 ribu paket sembako didistribusikan ke pekerja terdampak COVID-19
Baca juga: Kemensos salurkan 6.700 paket sembako atasi dampak COVID-19

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemenkes: lama pemakaian masker kain maksimal 4 jam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar