Washington (ANTARA News/AFP) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah mengangkat Charles Bolden sebagai kepala NASA, demikian Gedung Putih mengumumkan pada Sabtu, yang menjadikannya warga Amerika Afrika pertama dan bekas astronot kedua yang memimpin lembaga itu.

Obama juga mengumumkan rencananya untuk mencalonkan penasihat kampanye ruang angkasanya Lori Garver sebagai wakil administratur NASA.

"Orang-orang yang berbakat ini akan membantu mambawa NASA untuk mendorong bidang sains, aeronautika dan eksplorasi dalam abad ke-21 dan menjamin semangat jangka panjang program ruang angkasa Amerika," kata Obama dalam satu pernyataan.

Pengumuman itu keluar pada saat pembiayaan program ruang angkasa naik dan antusias publik atas misi ruang angkasa kendur.

Dan Bolden, purnawirawan mayor jenderal Korps Marinir, dapat menghadapi pertanyaan-pertanyaan tentang koneksi masa lalunya dengan perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam kontrak-kontrak roket NASA, kata laporan media.

Jika disetujui Senat, penunjukan ini akan menjadi kulminasi dari karirnya ke puncak jabatan di lembaga antariksa AS dan institusi militer. Ia dilahirkan di Columbus, South Carolina, pada 19 Agustus 1946.

Penerbangan ruang angkasa pertamanya adalah sebagai pilot pesawat ulang-alik Columbia. Ia menjadi pilot pesawat ulang-alik Discovery yang menempatkan teleskop ruang angkasa Hubble pada 1990, dan menjadi pimpinan dua misi ruang angkasa berikutnya, termasuk misi bersama pertama Amerika-Rusia dengan pesawat Discover pada 1994.

Pada tahun sama ia meninggalkan NASA kembali ke dinas aktif di Korps Marinir. Pangkatnya naik menjadi mayor jenderal dan wakil panglima pasukan AS di Jepang sebelum pensiun pada 2003.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009