Kairo, Mesir (ANTARA News) - Disamping mengucapkan "assalamualaikum", Presiden AS Barack Obama mengisikan pidato besarnya yang ditujukan kepada umat muslim seluruh dunia dengan mengutipkan satu ayat dalam kitab suci Alquran serta menceritakan asal usul keluarganya yang muslim.

"Seperti Kitab Suci Alquran ajarkan kepada kita, 'Berserahlah kepada Allah dan senantiasalah berbicara benar," kata Obama dalam pidatonya di Kairo, Mesir, Kamis.

Kutipan ini kemungkinan berasal dari salah satu ayat dalam surat Al-Ankabut dan ditujukan demi memperkuat keinginannya untuk saling mendengar dan berbicara dari hati ke hati diantara Amerika Serikat dan dunia Islam.

Obama juga mengisahkan asal usul keluarganya yang dekat dengan dunia muslim dimana secara eksplisit dia menyebut ayahnya yang berasal dari sebuah keluarga di Kenya, Afrika, adalah dari generasi keluarga muslim.

Obama juga menyebut Keith Ellison, anggota Kongres dari Partai Demokrat mewakili negara bagian Minnesota Democrat, yang merupakan muslim pertama yang menjadi anggota Kongres AS.

Kata Obama, "Dia (Keith) disumpah dengan menggunakan Kitab Suci Alquran yang sama dengan yang disimpan salah seorang dari empat Bapak Pendiri (bangsa) kami, Thomas Jefferson, di perpustakaan pribadinya."

Disamping Alquran, Obama juga mengutipkan Injil dan kitab Talmud Yahudi (Taurat) demi memperkuat argumentasinya mengenai perlunya membangun hubungan baik antara Amerika Serikat dengan dunia muslim. (*)

Dari berbagai sumber

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009