Washington (ANTARA News) - General Motors (GM) telah mencapai sebuah kesepakatan untuk menjual merek Saturn kepada Penske Otomotif Group, dalam sebuah upaya menyelamatkan 350 dealerships (hak penjualan) dan 13.000 pekerja di Amerika Serikat, kata GM Jumat.

AFP melaporkan, kesepakatan itu terjadi sehari setelah General Motors mengajukan perlindungan kepailitan akibat kesulitan mengatasi banyaknya utang dan merosotnya penjualan.

Perjanjian Saturn akan memberikan Penske, sebuah operator besar dealership, hak atas merek Saturn, dan jaringan distribusinya serta aset-asetnya, termasuk persediaan.

GM mengatakan sebuah nota kesepahaman (MoU) memerintahkan produsen mobil itu terus memproduksi mobil Saturn berdasarkan sebuah kontrak, termasuk sedan Saturn Aura dan kendaraan jenis SUV (sport utility vehicles) Vue dan Outlook.

Jika selesai, kata GM, "transaksi itu akan menyelamatkan lebih dari 350 dealer dan 13.000 pekerja pada Saturn dan peritelnya di Amerika Serikat, dan akan mempertahankan fokus pelanggan merek Saturn."

Transaksi itu diharapkan tuntas dalam kuartal ketiga tahun ini. Ketentuan-ketentuan keuangannya tidak diungkapkan.

"Ini adalah kombinasi dari ikon dua tim: Saturn dan Penske," kata manajer umum Saturn, Jill Lajdziak. "GM memiliki visi untuk menciptakan Saturn dan  ingin Saturn sukses di masa depan."

Pimpinan Penske, Roger Penske, seorang mantan pengemudi mobil balap, mengatakan, Saturn memiliki sebuah "basis pelanggan bergairah dan jaringan dealer yang terkenal."

"Hampir 20 tahun Saturn telah fokus pada perlakuan baik pelanggan. Kami berbagi filosofi itu, dan kami ingin membangun pada kekuatan itu," tambah dia.

Saturn mulai menjual mobil pada 1990 dan telah menjual lebih dari empat juta kendaraan. Lebih dari 80 persen dari kendaraan tersebut masih beroperasi, kata GM menunjuk data dari RL Polk.

GM sedang dalam proses eliminasi atau penjualan empat dari delapan merek yang dijual di Amerika Serikat, sebagai bagian dari sebuah rencana restrukturisasi besar-besaran. Diharapkan dari perlindungan kebangkrutan tersebut, GM akan muncul sebagai sebuah perusahaan baru yang ramping dalam 30 hingga 60 hari.

Sebelumnya, GM telah mengumumkan penjualan merek Hummer kepada perusahaan industri mesin China, Sichuan Tengzhong awal pekan ini dan juga telah mencapai kesepakatan untuk menjual merek Opel, Eropa, kepada sebuah konsorsium Kanada-Rusia.

GM juga sedang dalam proses mendapatkan pembeli untuk merk Saab, Swedia, yang saat ini berada di bawah perlindungan kepailitan, dan rencana setahap demi setahap dengan merek Pontiac pada akhir 2010.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009