Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (22/4), mulai dari pemerintah mentransfer Rp3,55 juta ke peserta kartu Prakerja hingga langkah disiapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam memitigasi pariwisata.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Pemerintah transfer Rp3,55 juta ke peserta Kartu Prakerja hari ini

Pemerintah mulai melakukan transfer dana sebanyak Rp3,55 juta kepada 168.111 peserta yang lolos Program Kartu Prakerja gelombang pertama pada hari ini.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan proses transfer dana tersebut mulai dilakukan pada sore ini hingga tiga atau lima jam ke depan.

“Saat ini sedang berlangsung proses transfer dana program Kartu Prakerja sebesar Rp3.550.000 ke rekening virtual dari 168.111 peserta tersebut,” katanya di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Gubernur BI: Harga minyak anjlok positif bagi ekonomi RI, ini sebabnya Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan harga minyak dunia yang anjlok akan membawa dampak positif kepada ekonomi dan moneter dalam negeri karena Indonesia merupakan negara pengimpor minyak.

“Penurunan harga minyak dunia secara keseluruhan bagi ekonomi Indonesia itu memang secara netto dampaknya positif,” kata Perry Warjiyo dalam jumpa pers daring di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

 

3. 11,9 juta debitur KUR dipastikan bebas bayar pokok angsuran 6 bulan Sebanyak 11,9 juta debitur kredit usaha rakyat (KUR) dipastikan akan mendapatkan relaksasi berupa penundaan pokok angsuran selama enam bulan dan pembebasan bunga selama 3 bulan.

“KUR yang sekarang ini disalurkan di sektor perbankan baik Himbara maupun non Himbara mencakup 11 juta debitur KUR mendapat relaksasi 6 bulan penundaan pokok angsuran dan pembebasan bunganya 3 bulan bunga KUR ditanggung pemerintah,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani setelah rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi secara virtual terkait Lanjutan Program Mitigasi Dampak COVID-19 pada Sektor Riil dari Istana Merdeka Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini


4. BI optimis ekonomi RI bisa tumbuh 6 persen tahun 2021 pasca-COVID-19

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo optimistis ekonomi dalam negeri akan tumbuh hingga enam persen tahun 2021, didorong salah satunya oleh program pemulihan ekonomi.

“Tidak hanya berbagai program pemulihan ekonomi tapi juga ada berbagai langkah reformasi struktural untuk menaikkan investasi. Itu yang akan mempengaruhi tingginya pertumbuhan ekonomi 2021,” kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam keterangan pers daring di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

 

5. Enam langkah mitigasi pariwisata-ekraf diterapkan di tengah pandemi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) telah menetapkan langkah-langkah strategis bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di masa tanggap darurat COVID-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam pernyataannya di Jakarta, Rabu mengatakan pemerintah membagi tiga tahapan dalam penanganan COVID-19. Yakni masa tanggap darurat, pemulihan, dan normalisasi.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020