Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Selandia Baru Helen Clark akan berkunjung ke Indonesia akhir Juni untuk mengawali kerjasama, kata seorang juru bicara Departemen Luar Negeri.

"Terkait dengan agenda hubungan luar negeri lainnya, sekalipun terlalu awal kita umumkan bahwa Menlu Clark akan berkunjung ke Indonesia pada 24-26 Juni," kata Teuku Faizasyah dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, sifat dari kunjungan kerja tersebut akan lebih banyak membahas isu-isu praktis yang menjadi kepentingan kedua negara, yang perlu dibahas di level tingkat menteri khususnya bagaimana meningkatkan perekonomian dan investasi di dua negara.

Persoalan yang akan dibahas dalam pertemuan nanti di antaranya berbagai isu perdagangan yang menjadi prioritas kedua negara.

Sebelumnya, saat menjabat Perdana Menteri Selandia Baru, Clark pada 2007 juga sempat berkunjung ke Indonesia dan bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Clark berada di Indonesia untuk kunjungan kenegaraan empat hari, untuk menandatangani kerjasama keimigrasian kedua negara.

Selain itu, ia juga menandatangani kerjasama pusat analisis transaksi keuangan.

Pada kesempatan tersebut, Clark juga berencana berkunjung ke Candi Borobudur.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009