Apple berencana jual Mac dengan "chip" sendiri mulai 2021

Apple berencana jual Mac dengan "chip" sendiri mulai 2021

Tampilan OS X Mavericks di perangkat iMac dan Macbook. (apple.com)

Jakarta (ANTARA) - Apple berencana mulai 2021 akan menjual Mac dengan prosesor buatan sendiri yang dikembangkan berdasarkan chip yang saat ini digunakan di iPhone dan iPad.

Dikutip dari Reuters, Jumat, Apple sedang mengerjakan tiga prosesor Mac yang dibuat berdasarkan prosesor A14 untuk iPhone selanjutnya, yang membuatnya melakukan transisi dari prosesor milik Intel yang digunakan saat iini.

Baca juga: Apple pindahkan pabrik Mac Pro ke China

Baca juga: Apple luncurkan iPad Pro terbaru


Apple mulai menggunakan prosesor Intel pada 2006 dan setahun kemudian semua komputer Mac hadir dengan prosesor Intel. Sejak saat itu, Intel membuat chip untuk produk Apple lainnya, seperti chip modem untuk iPhone.

Apple selalu mengandalkan pemasok luar untuk chip modem, bagian penting yang menghubungkan perangkat seperti iPhone ke jaringan data nirkabel.

Dalam upaya untuk membuat chip sendiri, Apple membeli mayoritas bisnis modem Intel pada Juli lalu sebesar 1 miliar dolar AS, dan menyelesaikan pertarungan hukum yang panjang dengan Qualcomm atas tuduhan pelanggaran hak paten untuk chip.

Apple Mac dilaporkan menghasilkan pendapatan 7,16 miliar dolar AS pada kuartal terakhir, sementara unit PC Intel yang mencakup penjualan chip modem mencatat penjualan 10 miliar dolar AS pada kuartal terakhir.

Baca juga: Apple mulai jual Mac Pro 2019 rekondisi resmi

Baca juga: 10 tips pakai AirPods Pro

Baca juga: Apple akan produksi Mac Pro di AS

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar