Kami menargetkan minggu depan akan disalurkan, sumbernya dari Dana Desa
Simpang Empat,- (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) akan menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga miskin pekan depan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Pasaman Barat Etris Dsem di Simpang Empat, Rabu, mengatakan bantuan itu untuk warga miskin yang tidak terdaftar dalam Program Keluarga Harapan dan penerima Kartu Prakerja.

Baca juga: 19.860 keluarga miskin di Bantul akan mendapat BLT

"Kami menargetkan minggu depan akan disalurkan, sumbernya dari Dana Desa," katanya.

Ia mengharapkan pemerintahan nagari atau desa dan badan musyawarah nagari sudah melaksanakan musyawarah untuk penetapan penerima BLT, sehingga pekan depan dapat disalurkan.

Untuk penerima, diutamakan warga miskin dan kehilangan mata pencarian dampak dari COVID-19.

Baca juga: Pemkot Bogor berikan BLT kepada 23.000 warga terdampak COVID-19

Ia menjelaskan sejauh ini, anggaran Dana Desa tahap satu sebesar 40 persen dari total anggaran sudah diterima oleh setiap nagari yang ada dan sudah dicairkan.

Dengan rincian sebanyak 35 persen untuk BLT dan lima persen untuk bayar honor kader Posyandu, guru PAUD dan guru TPA.

"Untuk kegiatan lainnya sementara waktu ditunda dahulu pelaksanaannya. Saat ini pemerintah lebih mengutamakan dan fokus pada penanganan COVID-19," sebutnya.

Baca juga: 47 ribu lebih keluarga "miskin baru" di Banyuasin bakal terima BLT

Ia menegaskan dalam pelaksanaan musyawarah nagari harus mengundang pihak terkait di antaranya kepala jorong dan tokoh masyarakat secara bergiliran.

Hal itu dilakukan mengingat adanya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar seperti" physical distancing" dalam setiap pertemuan.

Ia juga mengingatkan agar dalam kegiatan rencana pembangunan fisik yang ada di nagari, harus memperhatikan terlebih dahulu situasi perkembangan COVID-19.

Sementara itu Kepala Bagian Pemerintah Nagari Pasaman Barat Jon Wilmar menjelaskan dalam situasi pandemi tersebut tidak ada kegiatan fisik di setiap nagari. Pemerintah lebih mengutamakan penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19.

Baca juga: Menteri: BLT dana desa diberikan Rp600 ribu selama tiga bulan

Sedangkan terhadap Anggaran Dana Nagari (ADN) di setiap nagari definitif yang ada di daerah itu sudah dicairkan, namun anggaran yang dicairkan untuk penanganan COVID-19.

"Untuk nagari persiapan, anggaran yang diberikan hanya untuk gaji pegawai, tunjangan, dan operasional sehari-hari kantor," katanya.

Ia tidak menutup kemungkinan bisa saja anggaran pendapatan nagari sebesar 50 persen nantinya digunakan untuk BLT. Namun itu tergantung hasil putusan musyawarah nagari masing-masing.

Baca juga: Mendes PDTT jelaskan syarat utama mendapatkan BLT Dana Desa

 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020