Kemarin Kemenag batal potong uang kuliah, Malang Raya usulkan PSBB

Kemarin Kemenag batal potong uang kuliah, Malang Raya usulkan PSBB

Arsip Foto. Petugas medis memindahkan pasien ke ruang isolasi dalam simulasi penanganan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020). (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)

Jakarta (ANTARA) - Kemarin Menteri Agama meminta maaf karena Kementerian Agama (Kemenag) batal melakukan pemotongan uang kuliah mahasiswa perguruan tinggi keagamaan Islam dan pemerintah daerah di kawasan Malang Raya sepakat mengusulkan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mengendalikan penularan COVID-19.

Selain itu ada warta mengenai evaluasi pelaksanaan PSBB di kawasan Surabaya Raya dan harapan asosiasi penyelenggara haji mengenai pelaksanaan ibadah haji tahun ini dalam rangkuman berita berikut.

1. Malang Raya sepakat ajukan PSBB

Pemerintah daerah di wilayah Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu sepakat mengajukan usul penerapan PSBB untuk menekan penyebaran COVID-19.

"Tiga kepala daerah menyepakati pengajuan PSBB, mempertimbangkan peningkatan kasus, tidak hanya positif COVID-19, namun juga terkait penambahan pasien dalam pengawasan (PDP)," kata Wali Kota Malang Sutiaji.

2. Menteri Agama minta maaf pemotongan uang kuliah batal direalisasikan

Menteri Agama Fachrul Razi meminta maaf pemotongan uang kuliah tunggal bagi mahasiswa perguruan tinggi keagamaan Islam negeri batal direalisasikan karena pemerintah mengalokasikan dana untuk penanganan COVID-19

Dia mengatakan, niat baik Kementerian Agama untuk memotong uang kuliah tunggal semester ganjil 2020/2021 mahasiswa perguruan tinggi keagamaan Islam negeri tidak bisa diwujudkan karena pemerintah membutuhkan dana besar untuk menanggulangi COVID-19 sehingga memangkas alokasi dana untuk Kementerian Agama hingga Rp2,6 triliun.​​​​

3. Asosiasi haji khusus optimistis haji terlaksana meski pandemi COVID-19

Asosiasi penyedia layanan perjalanan untuk ibadah umrah dan haji khusus AMPHURI optimistis ibadah haji tahun ini dapat tetap terlaksana meski dua kota suci di Arab Saudi masih ditutup akibat pandemi COVID-19.

"Saya dapat informasi bahwa mulai Senin waktu setempat, pemerintah Saudi telah mengizinkan kembali beroperasinya toko, mal dan kafe di sebagian kota. Tentunya ini menjadi pertanda baik,” kata Ketua Umum DPP Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Joko Asmoro.

4. Pemprov Jatim evaluasi PSBB hari pertama di "Surabaya Raya"

Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengevaluasi pelaksanaan PSBB di kawasan Surabaya Raya. Pada hari pertama pelaksanaan PSBB selama 14 hari mulai Selasa (28/4) di Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo lalu lintas kendaraan masih padat di jalan raya.

Kepadatan lalu lintas kendaraan antara lain terjadi di kawasan Bundaran Waru, perbatasan Sidoarjo dan Surabaya, pada jam berangkat kerja sekitar pukul 07.00 WIB hingga 08.00 WIB.
 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemkot Bogor awasi penerapan protokol kesehatan pada ojek online

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar