Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Australia untuk Indonesia Bill Farmer mengimbau warga negara Indonesia yang berencana berlibur ke Australia dalam beberapa bulan mendatang mengajukan permohonan visa sesegera mungkin untuk menghindari penundaan.

"Bila pengunjung Indonesia mengajukan permohonan visa sekarang, kami akan dapat memproses sebagian besar permohonan tersebut kurang dari lima hari kerja," katanya dalam siaran persnya yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Ketika permohonan berlipat ganda pada mingu-minggu mendatang, kata Farmer, pengurusan visa mungkin membutuhkan waktu yang lebih panjang lagi.

Kedutaan besar Australia memproses lebih 62 ribu visa kunjungan bagi warga Indonesia yang berencana untuk berlibur atau melakukan kunjungan singkat ke negara itu.

Khususnya selama libur sekolah atau lebaran, jumlah permohonan visa yang diterima oleh Kedubes Australia meningkat tajam.

Kedubes Australia di Jakarta merupakan salah satu Kedubes Australia di dunia yang mengeluarkan visa turis terbanyak.

Walaupun Kedubes Australia berupaya menyelesaikan permohonan visa kurang dari lima hari, selama libur sekolah pemohon visa disarankan untuk membuat perencanaan jauh-jauh hari dan mengajukan permohonan visa sesegera mungkin untuk menghindari segala kemungkinan keterlambatan.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009