Jakarta (ANTARA News) - Tim Persija Jakarta menyambut baik rencana Badan Liga Indonesia (BLI) yang akan menggelar Turnamen Antar Pulau pada masa bulan puasa Ramadhan nanti.

"Kami menyambut baik turnamen ini. Ini sangat bagus bagi tim untuk mengisi masa vakum kompetisi sekaligus merupakan kesempatan bagi kita untuk menjajal pemain yang akan direkrut untuk Liga Super Indonesia musim depan," ujar Direktur Umum Persija, Bambang Sucipto di Jakarta, Sabtu.

Bambang mengatakan, ide tersebut akan sangat bermanfaat bagi tim-tim Liga Super Indonesia untuk mengintip calon-calon pemain yang pantas direkrut untuk musim depan.

Sebagaimana diketahui, BLI berencana menggelar Inter Island Cup (ISC) menjelang digulirkannya Liga Super Indonesia 2009/2010. Bahkan BLI menyebut turnamen tersebut bisa dijadikan parameter kekuatan klub untuk musim depan.

Sebagaimana dikatakan Direktur Kompetisi BLI Joko Driyono, turnamen ISC akan diikuti 18 klub Liga Super. Peserta akan dibagi menjadi enam grup dan setiap juara grup berhak maju ke babak enam besar yang juga dikelompokkan menjadi dua grup. Sedangkan finalis akan ditentukan menurut status juara dari dua grup itu.

Bambang mengatakan, kubu Persija saat ini sedang menata kembali upaya perekrutan pemain untuk musim depan.

"Setelah Pemilu Presiden kita akan mulai menata kembali proses perekrutan pemain, termasuk pelatih. Tapi diantara keduanya, pemilihan pelatih yang akan ditetapkan lebih dulu, baru kemudian pemain, karena materi pemain akan disusun sesuai selera pelatih," ujarnya.

Mengenai bekas pemain musim 2008/2009, Bambang belum bisa memastikan berapa persen yang akan dipertahankan, karena semua berpulang kepada pilihan pelatih.

"Bambang Pamungkas dan kawan-kawan masa kontraknya habis pada bulan Juni lalu. Kita belum tahu siapa yang akan dipertahankan, termasuk pelatih Danurwindo," ujarnya.

Kiprah Persija di akhir kompetisi Liga Super Indonesia 2008-2009 menempati peringkat ketujuh dengan 53 poin hasil 15 kali menang, delapan seri dan 11 kalah.

Sedangkan di Copa Dji Sam Soe gagal mencapai semifinal setelah dihentikan Deltras Sidoarjo.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009