Sumedang (ANTARA News) - Pengusaha nasional Probosutedio mengatakan bahwa kabinet mendatang perlu diisi oleh praktisi terutama jabatan menteri-menteri ekonomi.

"Karena mereka mempunyai pengalaman," kata Probosutedjo di sela peresmian pabrik penggilingan padi PT Mertju Buana Rice Milling Unit, di Sumedang, Jabar, Rabu.

Probo mengatakan, praktisi yang terjun langsung ke dunia usaha mengetahui seluk beluk ekonomi dan mengerti apa yang diinginkan pasar.

"Sementara itu jika akademisi hanya membawa ilmu namun praktiknya kurang. Gelarnya profesor atau doktor tapi kurang ahli," katanya.

Mengenai menteri dari partai politik, Probo mengatakan, mereka hanya mencari pekerjaan saja.

Pada kesempatan itu, Probo juga mengharapkan pemerintahan yang akan datang mampu menciptakan lapangan kerja. "Bukan hanya swasta yang membuka lapangan kerja, namun juga pemerintah," katanya.

Ia mengharapkan pemerintah mengeluarkan dana yang cukup untuk membuat proyek-proyek yang membuka lapangan kerja.

Probo mengatakan, dana bantuan langsung tunai (BLT) perlu dialihkan untuk membuka lapangan kerja. Ia mengatakan, jika BLT diberikan kepada rakyat miskin maka setelah BLT yang diterima masyarakat habis maka rakyat menjadi miskin lagi.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009