Samarinda (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengakhiri kunjungan kerjanya selama dua hari di Samarinda, Kalimantan Timur, 15-16 Juli 2009.

Presiden dengan didampingi oleh Ibu Ani Yudhoyono dijadwalkan meninggalkan Samarinda menuju Balikpapan melalui jalan darat, Kamis pagi, sekitar pukul 09.00 WITA dan menuju Jakarta melalui bandara Sepinggan sekitar pukul 12.00 WITA.

Kepala Negara berada di Samarinda guna menghadiri peringatan ke-62 Hari Koperasi yang diselenggarakan di GOR Sempaja, meresmikan jembatan Mahakam Ulu senilai Rp265,544 miliar dan PLTG Samberah 2x20 MV.

Kemudian pada Rabu malam (15/7) Kepala Negara dan Ibu Ani menghadiri jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek di Guest House Lamin Etam. Pada kesempatan itu Presiden beserta rombongan dihibur oleh berbagai kesenian tradisional Kalimantan Timur.

Turut serta dalam rombongan Kepala Negara adalah Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Mensesneg Hatta Rajasa, Menkominfo M Nuh, Menteri Negara Koperasi dan UKM Suryadharma Ali dan dua jubir kepresidenan Andi Mallarangeng dan Dino Patti Djalal.

Tema peringatan Hari Koperasi yang jatuh pada 12 Juli kali ini adalah "Memantapkan Peran Gerakan Koperasi dalam Dinamika Global".

Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Suryadharma Ali berharap tema itu dapat menjadi momentum tekad bersama dalam menghadapi perekonomian global.

Sementara itu berdasarkan data Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) pada 2004 menunjukkan jumlah koperasi tercatat 130.730 unit dan meningkat menjadi 155.301 unit pada 2008.

Sedangkan jumlah volume usaha dari Rp37,65 triliun pada 2004 menjadi Rp62,25 triliun pada 2008.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009