San Francisco,(ANTARA News)- Gubernur Alaska Sarah Palin meletakkan jabatan Ahad dan tak memberi keterangan mengenai masa depan politiknya.

Palin mengumumkan pada 3 Juli bahwa ia akan meletakkan jabatan gubernur Alaska, 17 bulan sebelum berakhirnya masa jabatannya, demikian dikutip dari Xinhua-OANA.

Palin memasuki kancah politik di negeri tersebut setahun lalu, ketika ia dipilih sebagai pasangan oleh calon presiden dari Partai Republik John McCain.

Popularitasnya merosot tajam setelah ia kembali dari pemilihan presiden AS. Ia menghadapi penyelidikan mengenai hampir 20 keluhan etika. Palin telah mengatakan kerugian ekonomi akibat penyelidikan itu adalah alasan utama bagi pengunduran dirinya.

Palin mengatakan ia merasa bahwa ia memiliki kewajiban untuk menghindari "keadaan tak produktif babak sasaran-empuk politik-seperti-biasa" dan ia dapat berbuat lebih banyak buat Alaska tanpa kekangan jabatan.

Ia menyerahkan wewenang kepada Wakil Gubernur Sean Parnell, yang berusia 46 tahun dan telah berjanji akan melanjutkan gagasan Palin.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009