Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo berharap program-program bantuan sosial pemerintah bisa meningkatkan daya beli masyarakat, utamanya dalam membeli bahan pangan.

"Pemerintah telah meluncurkan bantuan sosial tunai untuk sembilan juta keluarga, BLT desa dari dana desa untuk 11 juta keluarga, ada kartu sembako, PKH, ada padat karya tunai, kita harapkan ini dapat meningkatkan daya beli masyarakat," katanya di Istana Merdeka Jakarta, Rabu, dalam rapat perihal pemenuhan kebutuhan pokok yang diselenggarakan melalui telekonferensi video.

Presiden mengatakan bahwa berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik telah terjadi deflasi kelompok bahan pokok 0,13 persen pada April 2020, indikasinya antara lain akibat penurunan permintaan bahan pangan.

Kondisi yang demikian, menurut dia, menunjukkan bahwa daya beli masyarakat terhadap bahan pangan mengalami penurunan.

Presiden juga mengemukakan pentingnya ketersediaan dan stabilitas harga bahan pangan pokok serta mengingatkan jajaran pemerintah agar menjalankan langkah-langkah antisipatif berkenaan dengan peringatan Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia mengenai risiko krisis pangan akibat pandemi COVID-19.

Baca juga:
Presiden katakan bantuan belum semua tersalurkan, minta warga tunggu
Presiden Jokowi cari cara jaga daya beli masyarakat miskin di desa

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020