Tenaga medis di sejumlah daerah terima bantuan alkes dari Lemhannas

Tenaga medis di sejumlah daerah terima bantuan alkes dari Lemhannas

Sejumlah tenaga medis di Puskesmas Bukit Tinggi, Sumatera Barat menerima alat kesehatan dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) dalam membantu penangulangan COVID-19 di Indonesia, di Bukit Tinggi, Sumatera Barat, Rabu (13/5/2020). (ANTARA/HO-Humas Lemhannas)

Jakarta (ANTARA) - Perwakilan tenaga medis di sejumlah daerah telah menerima bantuan alat kesehatan dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI berupa alat pelindung diri (APD), sarung tangan, dan masker.

Siaran pers dari Humas Lemhannas, di Jakarta, Rabu, menyebutkan, beberapa daerah yang telah menerima bantuan alat kesehatan, antara lain IDI Sorong, Papua; Radjak Hospital Purwakarta, Jawa Barat; RSUD Dr. Moewardi Solo, Jawa Tengah; RSUD Kalabahi Alor, NTT.

Baca juga: KASAD berikan bantuan alkes kepada RS Marthen Indey Jayapura

Baca juga: KASAD instruksikan Puskesad kirim bantuan alkes ke 69 rumah sakit AD

Baca juga: Bantuan alkes dari Kemenkes tiba di Ambon


Selain itu, RSUP Sanglah Denpasar, Bali; RSU Tanjung Pura Langkat, Sumatera Utara; RSUD Dr Saiful Anwar/ Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur; Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Aceh; dan RSU Naili DBS serta beberapa puskesmas di Sumatera Barat.

Bantuan alat kesehatan itu secara serentak tiba di sejumlah daerah pada Rabu ini.

Bantuan alat kesehatan tersebut sebelumnya diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Lemhannas RI Letnan Jenderal TNI Purn Agus Widjojo kepada perwakilan dokter bertempat di Lemhannas RI pada Rabu (29/4) lalu.

Gubernur Lemhannas, Letjen TNI Purn Agus Widjojo mengatakan bahwa bantuan ini diberikan sebagai apresiasi dan dukungan bagi tenaga medis dalam mengatasi COVID-19 di Indonesia.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada rekan-rekan tenaga medis dan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas untuk ikut berkontribusi memberikan perlindungan optimal bagi dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya dalam menangani pandemi COVID-19," tuturnya.

Agus menambahkan, pemberian bantuan tersebut juga merupakan suatu bentuk keprihatinan terhadap tenaga medis yang meninggal dunia dalam menangani COVID--19.

"Melihat keprihatinan tersebut menjadi alasan Lemhannas RI untuk turut memberikan sumbangsih alat bantu Kesehatan yang terdiri dari alat pelindung diri (APD), sarung tangan, dan masker kepada beberapa rumah sakit dan puskesmas," jelasnya.

Sebelumnya, Lemhannas RI juga menyalurkan bantuan ke beberapa Rumah Sakit dan Puskesmas terdekat di Jakarta.

Kegiatan penyerahan bantuan alat kesehatan merupakan salah satu rangkaian HUT Lemhannas RI ke-55 yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, yaitu tanggal 20 Mei 2020.

Baca juga: Dokter China dan Indonesia berbagi pengalaman penanganan COVID-19

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menkes santuni ahli waris 22 tenaga medis pejuang COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar